Gelar Workshop Program Generasi Sehat dan Cerdas

FOTO BERSAMA – Plt Sekda Muba, H. Apriyadi didampingi Sekretaris Dinas PMD Muba, Ardiansyah berfoto bersama peserta workshop. (foto-sumantri/koransn.com)

Sekayu, KoranSN

Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) menggelar workshop ‘Program Generasi Sehat dan Cerdas (GSC)’, bertempat di gedung Wisma Atlet Sekayu, Rabu (8/11/2017). Kegiatan ini diikuti sekitar 60 peserta dari 6 kecamatan di bumi Serasan Sekate.

Ketua Pelaksana Kegiatan Ardansyah dalam sambutannya mengatakan, konsep program GSC atas kebijakan pemerintah Indonesia dengan hadirnya Undang-Undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa diharapkan dapat memberikan pengaruh yang besar dalam penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan di desa.

Sekretaris Dinas Pemerintahan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Muba ini melanjutkan, bahwa sejalan dengan UU tersebut implementasi GSC tahun anggaran 2016/2017 menitikberatkan pada 4 pengembangan program, yakni mendukung pencapaian RPJMN 2015-2019 yaitu terkait peningkatan dan pelayanan sosial dasar bagi masyarakat, pengintegrasian perencanaan GSC kedalam sistem perencanaan pembangunan desa reguler, peningkatan kesehatan ibu, bayi dan anak dengan fokus pada pelayanan 1000 hari pertama kehidupan serta pengembang kegiatan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Baca Juga :   Plh Bupati Kurniawan Ziarah ke Kuburan Keluarga

“Tujuan program ini untuk mendorong partisipasi seluruh masyarakat, khususnya masyarakat miskin dan atau kelompok perempuan, dalam mengambil keputusan perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan pelestarian pembangunan serta mendorong kemendirian masyarakat dalam mengakses layanan kesehatan dan pendidikan, sistem perencanaan ini mengacu pada Permendagri 114 dan 113 tahun 2014,” bebernya.

Sementara itu Plt Sekda Muba H Apriyadi dalam sambutannya, mengatakan program GSC ini sangat bermanfaat sekali karena program ini merupakan program pemberdayaan masyarakat secara menyeruruh yang mengacuh pada masyarakat yang sehat dan cerdas.

Baca Juga :   KNPI PALI Periode 2021-2024 Dikukuhkan

“Objek kegiatan ini adalah masyarakat miskin. Ini tugas kita semua untuk memberantas kemiskinan yang ada di Muba ini,” katanya.

“Kegiatan ini diikuti oleh 6 kecamatan, yakni kecamatan Bayung Lincir, Tungkal Jaya, Babat Supat, Plakat tinggi, Sungai Keruh serta Lais yang penduduk miskinnya paling banyak,” pungkas Mantan Kepala Dinsos Provinsi Sumsel ini. (tri)



Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Dandim 0404 Kunker ke PALI Disambut Wabup Soemarjono

PALI, KoranSN Bupati PALI, Dr. Ir. H. Heri Amalindo, MM melalui Wakil Bupati PALI, Drs. …

error: Content is protected !!