Geliat Wisata di Danau Nibung Setelah Gempa Terjadi





Setelah Gempa
Namun keputusan masyarakat yang memiliki bermukim dekat pesisir pantai tersebut berubah sejak adanya gempa bumi dengan magnitudo 7,9 yang mengguncang Provinsi Bengkulu, termasuk Kabupaten Mukomuko tahun 2007.

Bencana alam gempa bumi dengan kekuatan besar itu bisa saja menimbulkan tsunami seperti yang dialami Aceh pada 26 Desember 2004 dengan korban mencapai 227.000 orang tewas dan ratusan ribu lainnya hilang.

Sebagian korban adalah penduduk di pesisir pantai, sehingga guncangan gempa di Bengkulu membuat sebagian masyarakat yang sebelumnya tinggal dekat pesisir pantai di daerah ini memilih membangun rumah di daratan lebih tinggi.

Pemerintah juga melakukan mitigasi bencana tsunami dengan membangun akses jalan dua jalur menuju lokasi yang lebih tinggi karena jalan tersebut diharapkan dapat menjadi lokasi jalan evakuasi tsunami bagi masyarakat pesisir.

Baca Juga :   Pembukaan Festival Pasar Terapung Tarik Ribuan Penonton

Fajudin juga membawa keluarganya pindah dari “pasar” sebutan untuk sebagian wilayah Kecamatan Kota Mukomuko yang berada dekat pesisir pantai setelah gempa bumi mengguncang daerah ini.

Tidak hanya keluarganya, termasuk keluarga warga masyarakat yang sebelumnya bermukim di pasar daerah ini ini membangun rumah di tempat yang lebih tinggi dekat Danau Nibung.

Sepengetahuannya, katanya, setelah gempa bumi tidak hanya wilayah yang berada di dataran tinggi ini saja yang terbuka tetapi kawasan Danau Nibung di wilayah ini mulai terbuka.

“Kami tinggal di sini setelah gempa bumi, Danau Nibung yang berada dekat dengan tempat tinggal kami ini mulai terbuka setelah gempa bumi,” ujarnya pria yang telah berusia 70 tahun ini.

Baca Juga :   Sejarah Terowongan Willem Synja Tunnel

Masyarakat dari dan luar daerah ini secara bertahap mulai membangun rumah di luar kawasan Danau Nibung ini sehingga danau yang dulunya sepi kini menjadi ramai oleh pemukiman warga dan pertokoan. HALAMAN SELANJUTNYA>>





Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Tiga Rekomendasi Berlibur di Musim Dingin Ala Kimbab Family

Jakarta, KoranSN Korea Selatan kini menjadi salah satu negara yang cukup digandrungi untuk berlibur terutama …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!