Gempa Susulan Sumedang Sebabkan 400 Rumah Rusak dan 500 Orang Ngungsi



Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin memberikan keterangan selepas peninjauan Terowongan Air Nanjung, Kabupaten Bandung, Selasa (2/1/2024). (Foto-Antara)

Bandung, KoranSN

Gempa susulan terjadi lagi di Sumedang pada 1 Januari 2024 pukul 20.46 WIB dengan magnitudo 4,5 menyebabkan penambahan bangunan rusak dan pengungsi, sehingga kini ada sekitar 400 rumah rusak dan sekitar 500 orang mengungsi ke tempat aman.

“Ya kemarin gempa lagi dan ada beberapa kerusakan lagi pada bangunan rumah dan dan total pengungsi 518 orang,” kata Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat (Jabar) Bey Triadi Machmudin di Kabupaten Bandung, Selasa (2/1/2024).

Baca Juga :   Roy Suryo Berharap Kecelakaan Vanessa Angel Jadi Pelajaran Berharga

Selain 518 pengungsi, lanjutnya gempa yang terjadi pada awal tahun 2024 itu menyebabkan sementara ini rumah rusak ringan 303 unit, 92 rumah rusak sedang, dan 69 rumah rusak berat, dan juga terdapat kerusakan pada 14 fasilitas pendidikan serta tujuh tempat ibadah dan sarana umum.

“Itu sementara, dan kini kan sudah status tanggap darurat. Jadi artinya nanti pemerintah lebih leluasa dalam penanganan, termasuk support anggaran,” ucap Bey Machmudin.

Pemprov Jabar dan Pemkab Sumedang bekerja sama menangani Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) serta fasilitas lainnya yang dikabarkan mengalami keretakan struktur bangunan akibat gempa. HALAMAN SELANJUTNYA>>

Baca Juga :   Pembongkaran Puluhan Rumah di Lahan UIN Raden Fatah Palembang Rusuh



Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Presiden Resmikan Pelaksanaan Inpres Jalan Daerah Kalimantan Timur

Jakarta, KoranSN Presiden RI Joko Widodo meresmikan pelaksanaan Instruksi Presiden (Inpres) Jalan Daerah atau IJD …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!