Generasi Muda Harus Bangga Gunakan Bahasa Indonesia





Konferensi pers penjurian Duta Bahasa Nasional di Jakarta. (foto-antaranews)

Jakarta, KoranSN

Pengkaji kebahasaan dari Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Ayu Widari mengatakan, generasi muda harus bangga menggunakan Bahasa Indonesia yang merupakan bagian dari identitas bangsa.

“Generasi muda harus bangga menggunakan Bahasa Indonesia karena itu identitas bangsa. Pelajari dulu Bahasa Indonesia baru kemudian bahasa asing,” ujar Ayu dalam acara penjurian pemilihan Duta Bahasa tingkat Nasional di Jakarta, Rabu (14/8/2019).

Dia menambahkan, idealnya generasi muda mencintai Bahasa Indonesia dan juga tidak anti bahasa asing.

Ia menyayangkan para orang tua terutama di perkotaan yang gengsi jika anaknya tidak bisa berbahasa asing dan mengajarkan lebih dulu bahasa asing dibandingkan Indonesia.

Seharusnya yang diajarkan lebih dulu, selain bahasa daerah, adalah Bahasa Indonesia karena itu merupakan identitas suatu bangsa. Oleh karena itu, pihaknya terus mengedukasi para orang tua tentang pentingnya Bahasa Indonesia.

Baca Juga :   Hadiri Seminar Himpuni, Herman Deru Serukan Perlawanan Terhadap Kemiskinan

“Mengapa Bahasa Indonesia penting, karena suatu bangsa bisa bertahan jika memiliki bahasanya,” tambah dia.

Kemendikbud kembali menyelenggarakan pemilihan Duta Bahasa Nasional. Kegiatan tersebut diselenggarakan setiap tahunnya dan merupakan acara puncak pemilihan duta bahasa di tingkat nasional yang diikuti oleh seluruh peserta terpilih di tingkat provinsi di Indonesia.

Tujuan dari kegiatan tersebut mendorong pengutamaan bahasa Indonesia di ruang publik. Hal lainnya juga ditujukan untuk mencari tunas muda yang mampu berbahasa Indonesia dengan baik dan benar, mampu berbahasa daerah dan berbahasa asing secara proposional.

Salah satu pihak yang digandeng Kemendikbud dalam proses penjurian yakni lembaga kursus bahasa Inggris, EF Indonesia.

Baca Juga :   Komnas Perempuan Nilai Perlu Pendekatan Kultural Cegah Perkawinan Anak

Direktur urusan perusahaan atau “corporate affairs” EF Indonesia, Juli Simatupang, mengatakan pihaknya berkesempatan untuk berkontribusi dengan mengutus satu orang guru penutur asing untuk menjadi juri dalam acara puncak pemilihan duta bahasa tersebut. Juri itu akan menilai kemampuan bahasa asing para duta bahasa.

“Kami sangat senang bisa berkontribusi dalam acara ini. Ke depan, kami berharap bisa terlibat dalam pembekalan bahasa asing bagi para duta bahasa ini. Sehingga mereka bisa memperkenalkan Indonesia dengan baik,” kata Juli. (Antara/ded)





Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

HD Apresiasi Inisiatif Masyarakat Desa Merah Mata Kembangkan Komoditi Laos

Banyuasin, KoranSN Gubernur Sumsel, H Herman Deru mengapresiasi langkah masyarakat Desa Merah Mata Kecamatan Banyuasin …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!