Genta Perdamaian Dunia Sambut Waisak di Borobudur

Tinggal bersama warga dari beragam budaya dan latar belakang sosial itu menjadikan diri Farhana lebih terbuka setiap melihat perbedaan.

Ketua Umum Panitia “2nd Borobudur World Peace & Prosperity Event” Ricky Surya Prakarsa menjelaskan kegiatan ini berlanjut pada Waisak Nasional 2023.

Ada tiga misi dalam kegiatan ini, yakni pertama ingin menjadikan Borobudur sebagai pusat budaya Nusantara sehingga bisa dilihat ada 60 perwakilan kerajaan dengan memakai pakaian adat atau pakaian adat kebesaran.

Ada juga tamu-tamu mancanegara, salah satunya Pangeran Bhutan dan beberapa keluarga kerajaan dan juga dihadiri beberapa duta besar, antara lain, Maroko, Laos, dan Jordania.

Baca Juga :   Pesan Jokowi ke Para Menteri: Dari Pemberantasan Korupsi, Deradikalisasi Sampai Sepak Bola

Misi kedua ingin menjadikan Borobudur sebagai episentrum atau pusat gema perdamaian dunia. Semoga ini menjadi titik nol pertemuan pemimpin-pemimpin dari semua golongan nasional maupun dunia.

Diharapkan tahun depan menjadi titik nol pertemuan ini lagi. Sebagai panutan, juga dari para biksu thudong yang berangkat dari Thailand ke Borobudur sebagai titik nolnya.

“Menjadi suatu panutan yang dilakukan biksu thudong yang sangat jauh berjalan kaki, harus bertemu di sini untuk menggemakan perdamaian dan kesejahteraan dunia,” katanya.

Baca Juga :   BMKG: Fenomena Rob Masih Berpotensi Melanda Pesisir Flores dan Sumba

Melihat tahun lalu, Borobudur sudah menjadi wisata ibadah Waisak terbesar di dunia. Namun ingin mencapai lebih dari itu, menjadikan Borobudur sebagai pusat wisata ibadah mancanegara terbesar di dunia sehingga memang perlu ada rangkaian festival.

Dalam beberapa hari ini, salah satunya wisata ibadah dari Nyingma Monlam dan beberapa dari Walubi dan puncaknya juga dari Walubi sebagai Panitia Waisak Nasional bersama, yang akan dihadiri umat Buddha dan juga beberapa menteri.

Menurut Ricky, kenapa mengusung perdamaian dunia karena sebenarnya tanpa perdamaian dunia tidak ada kesejahteraan. HALAMAN SELANJUTNYA>>





Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Pemerintah Provinsi Sumut Umumkan Besaran UMK 2024

Medan, KoranSN Pemerintah Provinsi Sumatra Utara (Sumut) mengumumkan besaran upah minimun kabupaten/kota (UMK) pada 2024 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!