Gerakan “Indonesia Berkebaya” Upaya Tumbuhkan Rasa Cinta





Sejumlah model berbusana kebaya berjalan saat sesi peragaan busana dalam acara #INDONESIABERKEBAYA di Museum Nasional, Jakarta, Selasa (16/7/2019). (foto-antaranews)

Jakarta, KoranSN

Gerakan “Indonesia Berkebaya” yang dideklarasikan oleh Komunitas Perempuan Berkebaya Indonesia upaya mengembalikan semangat kebudayaan Indonesia dan mencintai Indonesia dengan berkebaya.

Pendiri Komunitas Perempuan Berkebaya Indonesia, Rahmi Hidayati, di Jakarta, Selasa, menuturkan pihaknya telah mencanangkan rangkaian kegiatan untuk mencapai tujuan tersebut, salah satunya dengan gerakan ’’Selasa Berkebaya”.

“Setiap Selasa para perempuan menggunakan kebaya dalam kesehariannya, baik ke kantor, ke pasar, dan berbagai aktivitas lainnya,” kata dia.

Baca Juga :   Kementrian PPPA Minta Media Hindari Narasi Vulgar Pemberitaan Anak

Ada empat tujuan utama gerakan ’’Indonesia Berkebaya’’ yang diusung Komunitas Perempuan Berkebaya Indonesia itu, yaitu memperkenalkan kembali kebaya sebagai bagian dari sejarah dan budaya Indonesia kepada generasi muda Indonesia.

“Kami juga ingin meningkatkan kreativitas dalam mendesain kebaya tanpa meninggalkan pakem budaya yang merupakan warisan leluhur, menjadi pemersatu bangsa, dan fungsi ekonomi yang bisa memajukan ekonomi kerakyatan,” ucap dia.

Mereka juga akan memperjuangkan kebaya ke Badan PBB untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan (UNESCO) agar bisa seperti batik, yakni menjadi warisan budaya Indonesia.

Baca Juga :   1 Pelajar OKI Jadi Anggota Paskibraka Nasional

“Selain itu, diharapkan pemerintah akan menetapkan salah satu tanggal sebagai Hari Kebaya Nasional,” ucap dia. (Antara/ags)







Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

HD Apresiasi Inisiatif Masyarakat Desa Merah Mata Kembangkan Komoditi Laos

Banyuasin, KoranSN Gubernur Sumsel, H Herman Deru mengapresiasi langkah masyarakat Desa Merah Mata Kecamatan Banyuasin …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!