Gotong Royong Bakal Diikuti Pejabat Seluruh Indonesia

GOTONG ROYONG – Walikota Palembang Harnojoyo dan jajaran OPD Pemkot Palembang beserta warga saat melakukan kegiatan rutin gotong royong bersama, beberapa waktu yang lalu. (Foto-Dokumen-Ferdinand/Koransn)

Palembang, KoranSN

Seperti diketahui gotong royong merupakan kegiatan rutin dari Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang. Pada 3 Maret mendatang Walikota Palembang Harnojoyo bakal mengajak seluruh pejabat di Indonesia yang datang ke Palembang dalam rangka Kolaborasi Tunas Integritas Nasional I tahun 2017 untuk melaksanakan gotong royong bersama.

Walikota Palembang harnojoyo melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Palembang Harobin Mastofa menjelaskan, kegiatan ini merupakan rangkaian dalam menyambut peserta acara tersebut. Dimana dalam acara tersebut akan hadir lebih kurang 400 peserta yang terdiri dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) seluruh Indonesia, Kabupaten kota, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan beberapa kementerian.

“Setelah mengikuti workshop di tanggal 1 dan 2 Maret, peserta akan diperkenalkan dengan program unggulan Pemkot Palembang yakni subuh berjamaah yang setiap hari dilakukan jajaran Pemkot Palembang dan kegiatan gotong royong yang rutin dilakukan setiap Minggu. Dalam kegiatan gotong royong nantinya juga akan tetap disertai dengan pelayanan gratis kepada masyarakat layaknya yang dilakukan setiap minggunya seperti pelayanan berobat, PBB, pembuatan KTP dan lain sebagainya,” terangnya, Senin (27/2/2017).

Baca Juga :   Harnojoyo Kepala Daerah Inovatif se-Sumsel

Menurut Harobin, wacana kegiatan ini sudah dilakukan pihaknya sejak 6 bulan terakhir. Pihaknya juga optimis jika kegiatan ini nanti bakal sukses dalam memperkenalkan kegiatan gotong royong dan subuh berjama’ah yang rutin dilakukan Pemkot Palembang ini.

“Kalau kota-kota lain dua kegiatan ini kan baru digelar bahkan sekali-sekali saja. Sedangkan Kota Palembang sudah sejak satu tahun lalu, nah ini yang ingin kita tampilkan agar kota-kota lain tahu. Apalagi KPK RI sangat antuasias dengan kedua program Pemkot ini. Sebab apa yang telah dilakukan pemkot telah memberikan dampak sangat baik meskipun terkadang masih ada juga masyarakat yang kembali mengotori sungai dan membuang sampah sembarangan,” terangnya.

Ia menerangkan, selama satu tahun lebih program ini berjalan kurang sudah ada sekitar 100 lebih sungai dan anak sungai yang dibersihkan. Itu saja masih belum terjamah semua, ada yang sudah dibersihkan masih ada sampahnya.

“Dalam kegiatan pengenalan kedua program unggulan Pemkot Palembang ini dimulai dengan melakukan subuh berjamaah di Masjid Agung dan dilanjutkan dengan operasi semut dan kegiatan gotong-royong di bawah Jembatan Ampera, Pasar 16 dan BKB. Dan setelah operasi semut dan gotong-royong akan diisi dengan makan siang bersama dengan wisata Musi Tour Palembang. Itupun kalo masih ada waktu, jadi rencananya seperti itu,” tukasnya.

Baca Juga :   PSBB Palembang Tak Diperpanjang Kasus Covid-19 Meningkat

Ditempat yang sama,  Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Kota Palembang Sulaiman Amin mengatakan, dalam workshop Kolaborasi Tunas Integritas Nasional I Tahun 2017 nanti akan menghadirkan narasumber dari berbagai institusi seperti Kapolri Tito Karnavian, Ketua KPK Saud Situmorang, dan Ketua PPATK Kiagus Ahmad Badaruddin. “Inginnya kita narasumbernya orang lokal dari Palembang seperti Kapolri dan PPATK,” imbuhnya.

Sulaiman menjelaskan, workshop ini merupakan kegiatan dalam rangka membudayakan integritas di lingkungan pemerintahan. Dimana isinya yakni membangun budaya integritas didalam OPD masing-masing daerah.

“Jadi kegiatan ini nantinya berfungsi agar kedepan tiap-tiap daerah yang mengikuti kegiatan workshop ini dapat saling melaporkan, saling berbagi dan memberikan keunggulan dan kiat-kiat yang akan dikolaborasikan demi terciptanya sistem pelayanan yang lebih baik lagi,” tandasnya. (tya)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

IPSI Palembang Gelar Kejurkot 12-14 Februari

Palembang, KoranSN Guna memajukan cabang olahraga Pencak Silat di Kota Palembang, Pengurus Cabang (PC) Ikatan …