Gubernur Sumsel: Sang Juara Harus Menggali Potensi Kearifan Lokal





Gubernur Sumsel, H Herman deru foto bersama Kadisbudpar Sumsel, Aufa Syahrial, Kepala Museum Balaputra Dewa, H Chandra Amprayadi, dan para juara Lomba Sang Juara. (Foto-Istimewa)

Palembang, KoranSN

Pentingnya menggali, mengembangkan dan melestarikan kearifan lokal mendapat perhatian serius dari Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru.

Hal itu terungkap saat orang nomor satu di Bumi Sriwijaya ini menghadiri Grand Final Sang Juara ‘Payo ke Museum’ di halaman Museum Negeri Sumatera Selatan, Kamis (20/10/2022).

Kearifan lokal yang dimaksud Bupati OKU Timur dua periode (2005-2015) ini, Lomba “Sang Juara” diharapkan mampu mendorong dan melahirkan generasi muda yang bisa melestarikan nilai-nilai dan kebudayaan masyarakatnya.

Baca Juga :   Mantan Bupati OI Mawardi Yahya Juga akan Diperiksa BNN

“Sebab, kearifan lokal merupakan bagian dari budaya suatu masyarakat yang tidak dapat dipisahkan dari bahasa masyarakat itu sendiri,” tegas pria kelahiran Belitang 17 November 1967 ini.

Oleh sebab itu, Gubernur yang mendapat gelar Cek Deru ini.mengharapkan agar lomba Sang Juara “Payo Ke Museum” tetap diagendakan dan dilanjutkan.

“Tujuannya melalui acara ini, dapat menciptakan siswa yang berani menghadapi kompetisi global, tanpa harus meninggalkan kearifan lokal,” tegas, alumnus Magister Manajemen STIE Trisna Negara 2008 ini.

Dia menjelaskan, peserta lomba Sang Juara yang berasal dari berbagai sekolah di Sumatera Selatan ini merupakan calon pemimpin yang akan mengelola daerah. Oleh sebab itulah, calon pemimpin ini membutuhkan jiwa keberanian dan kompetisi sehingga bisa bersaing dengan daerah lain. HALAMAN SELANJUTNYA>>

Baca Juga :   Gubernur Tugaskan Pengurus yang Baru Dilantik Hidupkan Kembali 10 Program Pokok PKK





Publisher : Apriandi

Lihat Juga

M Nasir Kawal Aspirasi Pembangunan untuk Masyarakat Banyuasin

Palembang, KoranSN Muhammad Nasir Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Banyuasin dari Fraksi Partai Golkar menggelar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!