Gunung Semeru Masih Alami Beberapa Kali Letusan dan Guguran



Aktivitas Gunung Semeru yang terpantau dari Pos Pengamatan Gunung Semeru di Gunung Sawur pada Sabtu (28/5/2022). (Foto-Antara)

Lumajang, Jawa Timur, KoranSN

Gunung Semeru yang memiliki ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, terpantau masih mengalami beberapa kali letusan dan guguran pada Sabtu.

Berdasarkan laporan tertulis petugas Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Semeru di Gunung Sawur menyebutkan pengamatan kegempaan pada Sabtu (28/5/2022) pukul 00.00-06.00 WIB tercatat lima kali letusan/erupsi dengan amplitudo 10-15 mm dan lama gempa 55-65 detik.

Baca Juga :   Pusat Diminta Beri Perhatian Khusus Sulbar

“Kemudian lima kali gempa guguran dengan amplitudo 2-6 mm dan lama gempa 35-45 detik, serta empat kali gempa embusan dengan amplitudo 2-8 mm selama 35-70 detik,” kata petugas PPGA Semeru, Liswanto dalam laporan tertulisnya kepada Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi.

Gunung Semeru juga mengalami satu kali gempa tektonik jauh dengan amplitudo 26 mm, sedangkan pengamatan secara visual gunung api terlihat jelas, asap kawah tidak teramati, cuaca cerah dan angin lemah mengarah ke selatan. HALAMAN SELANJUTNYA>>

Baca Juga :   Jakarta Raih Penghargaan BKPM Atas Capaian Realisasi Investasi 2021







Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Takziah ke Rumah Duka Tjahjo Kumolo

Jakarta, KoranSN Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo bertakziah ke rumah duka almarhum …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.