Hanya Ratusan Perawat di Lubuklinggau Miliki STR







Ilustrasi. (foto-net)

Lubuklinggau, KoranSN

Perawat merupakan salah satu tenaga medis pada tingkat layanan pertama yang ada di puskesmas dan rumas sakit wajib miliki Surat Tanda Register (STR).

Lubuklinggau sendiri, ada sekitar 1.200 perawat, namun diketahui hanya ada 800 orang yang sudah memiliki STR.

Ketua DPD Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kota Lubuklinggau, Jhon Feri mengungkapkan, tidak hanya perawat, bahkan seluruh tenaga medis diwajibkan memiliki STR sebelum bekerja pada tingkat pelayanan kesehatan masyarakat.

Namun, ada beberapa alasan sekitar 400 perawat tersebut tidak memiliki STR, yakni diantaranya belum menyelesaikan studi dan lulusan perawat tetapi bekerja di luar dunia keperawatan, misalnya di instansi pemerintah atau di swasta.

“Kalaupun ada yang belum punya STR, tapi bekerja di Puskesmas atau di Rumah Sakit, pasti mereka tidak melayani masyarakat dalam hal kesehatan, tetapi mereka sebagai administrasinya atau bagian lain yang tidak berkaitan langsung dengan layanan masyarakat,” ungkapnya.

Ia menyampaikan, setelah memiliki STR, maka perawat tersebut sudah dianggap kompeten untuk melaksanakan tugas dan kewajiban profesinya sebagi perawat. Karena, untuk mendapatkan STR ada beberapa syarat ketentuan yang berkaitan dengan pelaksanaan profesi keperawatan.

Baca Juga :   Ibu-Ibu Lomba Balap Kelereng

“Insya Allah, di Kota Lubuklinggau semua perawat yang bersentuhan langsung dengan layanan kesehatan masyarakat sudah punya STR,” ujarnya. (rif)







Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Peluncuran Pemilihan Bupati dan Wabup Dihadiri Ribuan Masyarakat Empat Lawang

Empat Lawang, KoranSN Komisi Pemilihan Umum (KPU) Empat Lawang menggelar Peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil …

error: Content is protected !!