Harga Anjlok, Hasil Getah Karet Menipis





Hasil getah karet saat dijemur (Foto-Istimewa)

PALI, KoranSN

Petani karet di Bumi Serepat Serasan semakin menjerit. Karena, selain harganya yang terus menurun, hasil getah dari nyadap pohon karet pun semakin berkurang.

Akibatnya, menambah kesulitan bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhanya sehari-hari.

Semakin sedikitnya hasil sadapan para petani ini, ternyata tidak lain akibat tidak menentunya cuaca diawal bulan suci ramadhan ini ? Dimana, para petani harus berpacu dengan cuaca untuk melakukan penyadapan hasil getah karet yang dimilikinya.

Dimana turunya harga tersebut, tidak sesuai dengan harga kebutuhan warga sehari-hari, yang justru merangkak alami kenaikan. Tak hanya itu, akibat cuaca ini, membuat hasil tani para warga menjadi merosot, serta membuat hasil yang tidak begitu berkualitas.

Junto (35), petani karet di Desa Karang Agung, Kecamatan Abab mengatakan, bahwa harga karet harian di desanya saat ini dihargai pengepul Rp 4500 perkilogramnya, dari harga sebelumnya yang hanya angka Rp 5000 perkilogramnya, sehingga membuat keluarganya berhemat.

“Harga karet memang perlahan turun pak, dan memang tidak naik-naik. Kami berharap ini tidak berkelanjutan, karena cuaca juga membuat hasil kebun mengalami penurunan secara drastis dan semakin membuat kita susah,” ujarnya, Selasa (22/5/2018).

Serupa diungkapkan, Insan (29), petani di Desa Persiapan Jerambah Besi, Kecamatan Talang Ubi yang mengatakan, bahwa keluarganya harus membatasi biaya hidup di bulan suci ramadhan ini. Untuk itu dirinya berharap pemerintah bisa menstabilkan kembali harga getah karet, agar masyarakat bisa sejahtera.

Baca Juga :   Perbaiki Tiang Listrik Miring, PLN Respon Cepat Aduan Masyarakat

“Kami harapkan, tidak menentunya harga karet ini, tidak secara menerus. Sebab, kalau karet ini tidak ada harganya lagi. Maka, kami dan warga lainya terpaksa beralih profesi lain dalam memenuhi kebutuhanya sehari-hari kekuarga kami pak,” katanya. (ans)







Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Yopi Karim Silaturahmi dengan Keluarga Besar Desa Terusan, Rantau Telang dan Tanjung Agung

Lubuklinggau, KoranSN Bakal Calon Walikota Lubuklinggau H Rachmat Hidayat yang akrab dipanggil Yopi Karim mendapat …

error: Content is protected !!