Harga Cabai di Kayuagung Meroket, Rp 70 Ribu per Kg





S Sudiyanto Djakfar. (foto-maniso/koransn.com)

Kayuagung, KoranSN

Tingginya intensitas hujan yang mengguyuri Ogan Komering Ilir (OKI) berimbas pada harga komoditi. Seperti cabai merah keriting, di pasaran Kayuagung harganya meroket tembus Rp 70 ribu per kilogram dari Rp Rp 40-50 ribu per kilogram.

Kenaikan itu tersebut belum seberapa jika dibandingkan harga yang ada warung warung dan pedagang sayuran keliling yang mencapai Rp 100 ribu. Bahkan di sebuah warung di Perumahan Cetak Kelurahan Kutaraya, harganya menyentuh angka Rp 110 ribu.

Kepala Dinas Perdagangan OKI S Sudiyanto Djakfar SSos MSi kemarin membenarkan terjadinya kenaikan harga cabai merah keriting yang kini diresahkan kaum hawa tersebut. “Karena hujan terus, jadi stok cabai sedikit. Maka harganya jadi mahal,” jelas Sudiyanto Djakfar.

Baca Juga :   Dodi Reza Ajak Warga Jaga Zero Konflik dan Jangan Golput

Kata dia, hujan berhari-hari ini bukan berarti tak ada pasokan cabai dari petani, namun stoknya saja yang lebih sedikit dibandingkan hari biasa. Penyebab stok sedikit, petani tak berani memanen cabai banyak banyak karena akan cepat membusuk.

Katanya pula, cabai di Pasar Kayugaung dan pasar lainnya disuplai petani di perkebunan Kecamatan Jejawi, Lempuing Jaya dan Pedamaran. Kenaikan harga bukan saja terjadi di OKI tapi juga daerah lain. “Harga sayuran juga ada yang naik, semuanya faktor cuaca,” imbuhnya.

Supri (45) pedagang di Pasar Kayuagung menjelaskan, kenaikan harga sudah terjadi sepekan terakhir. Meski harga tinggi namun pembelinya tak berkurang, hanya saja kuantitas yang dibeli konsumen lebih sedikit dibanding harganya saat normal.

Baca Juga :   Tingkatkan Iman dan Takwa, Polres Banyuasin Gelar Yasinan dan Doa Bersama

Sedangkan Anggraini (25) warga Kutaraya Kayuagung menceritakan, ia kemarin membeli cabai di warung di pemukiman penduduk Rp 11 ribu per Ons, berarti jika membeli 1 Kg harganya Rp 110 ribu. (iso)

Publisher : Imam Ndn

Lihat Juga

Bahas Persiapan Pemilu 2024, KPU Temui Komisi I DPRD Lubuklinggau

Lubuklinggau, KoranSN Menghadapi Pemilu dan pemilihan serentak 2024, Komisoner KPU Kota Lubuklinggau audensi bersama Komisi …