Harga Karet Belum Stabil









Ilustrasi (Foto-Net)

Prabumulih, KoranSN

Sampai saat ini harga komoditas getah karet di sejumlah wilayah Kota Prabumulih belum juga membaik, bahkan lelang di sejumlah koperasi belakangan menunjukan penurunan harga karet.

Keadaan ini sudah berlangsung sejak beberapa bulan terakhir, bahkan sudah beberapa tahun laman nya. “Seperti biasa harga komiditi karet alami kenaikan sangat tipis lalu hargan nya turun lagi”. Hal ini di ungkapkan ketua Koperasi Manunggal Jaya Pendi, Kamis (28/12/2017) di Desa Muara Sungai Kelurahan Cambai Kecamatan Prabumulih.

Menurutnya para petani Karet, nasibnya sungguh memprihatinkan dan mereka selalu mengeluh sebab harga karet tak kunjung alami kenaikan sedangkan kebutuhan Sembako naik terus. “Kami kan tender 2 kali dalam 1 bulan jadi keadaan ini makin menyiksa para petani karet yang tergabung di kelompok Manunggal Jaya ini,”ujarnya.

Baca Juga :   Fraksi Fraksi DPRD Muba Apresiasi Kinerja Pemkab Muba Tahun 2017

Selain itu harga getah karet dikatakannya, murah di tambah kondisi cuaca tidak menentu saat ini juga sangat mempengaruhi hasil getah karet. Saat ini harga karet Rp 8.500 Perkilo dari sebelum nya Rp 9 ribu.

” Kami para petani berharap dengan momen pergantian tahun 2018 ini di harapkan ada kenaikan harga getah karet,”harap nya.

Sementara itu Toke getah karet Arlan (45) mengaku tidak berani ambil resiko atau belum berani membeli getah karet para petani karet karena harga nya belum stabil yang mana harga nya selalu turun. “Kita selaku pembeli sedangkan yang nama nya bisnis karet pasti lah ingin untung bukan nyo buntung sudah 1 tahun lebih tidak lagi ikut lelang,” ucapnya.

Baca Juga :   Ikatan Dokter Indonesia OKU Timur Gelar Muscab

Di tambahkannya, saat ini ia dan kawan kawan hanya melakukan pemantauan harga. Jika harga stabil atau naik , maka akan ikut lelang lagi untuk membeli getah karet para petani karet. (and)











Publisher : Apriandi

Lihat Juga

550 Paket Sedekah ASN OKI untuk Kaum Dhuafa

Kayuagung, KoranSN Sebanyak 550 paket bahan pokok hasil dari pengumpulan sedekah ASN di Kabupaten OKI …

error: Content is protected !!