Harga Kedelai di Prabumulih Naik







Pengusaha tempe saat lagi buat tempe. (foto-andi fatra/koransn.com)

Prabumulih, KoranSN

Melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar, berimbas pada harga kedelai. Seperti di Prabumulih, akibat harga kedelai sebagai bahan baku tempe dan tahu naik, membuat pengusaha tahu dan tempe memutar otak.

“Hampir semua home industry tempe dan tahu di Kota Prabumulih mengeluhkan naiknya harga kedelai. Kami berharap pemerintah memberikan solusi buat pengrajin tempe dan tahu,” ungkap Nungkus Siono, salash pembuat tempe di Kota Prabumulih, Kamis (13/9/2018).

Menurutnya, sebelum harga rupiah anjlok, harga kedelai Rp7.600/kg. Namun, sekarang melonjak menjadi Rp8.200/kg. Kondisi ini jelas membuat para pengusaha tempe dan tahu kewalahan.

“Jadi kita terpaksa menyesuaikan ukuran tempat dengan harga kedelai, dengan kata lain ukuran tempe diperkecil dari ukuran sebelumnya. ujar nya

Untuk harga tempe produksinya, lanjut Nungkus, mulai dari Rp 1500 hingga Rp 10.000, tergantung dari jumlah dan ukuran tempe tersebut.

“Untuk satu batang tempe ukuran besar dibandrol Rp 1500, ukuran sedang Rp5000/4 batangnya, dan ukuran yang agak sedikit besar Rp 10.000/7 batang,” rincinya.

Sebelum harga kedelai mengalami kenaikan, kata dia, dalam sehari ia bisa menghabiskan sekitar 300 Kg setiap harinya. Namun, disaat harga bahan baku naik, dia hanya menghabiskan 200 Kg kedelai untuk membuat tempe.

Baca Juga :   25 Desa di Muratara Ikut Pilkades

“Untuk pasokan kedelai sendiri, kita ambil di Pasar Inpres Prabumulih. Dalam sehari kita bisa memproduksi tempe sebanyak 32 ancam , setiap ancam berisi 25 potong tempe lalu baru kita pasarkan ke Pasar Inpres selain kita pasarkan dengan para pelanggan yang saat ini sudah mencapai puluhan orang , tandas nya. (and)







Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Peluncuran Pemilihan Bupati dan Wabup Dihadiri Ribuan Masyarakat Empat Lawang

Empat Lawang, KoranSN Komisi Pemilihan Umum (KPU) Empat Lawang menggelar Peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil …

error: Content is protected !!