Hari Ini 4 Tersangka Dugaan Korupsi Tugu Perbatasan Kota Palembang Dilimpahkan ke Jaksa





Tampak salah satu tugu perbatasan Kota Palembang. (Foto dokumen ferdinan/koransn)

Palembang, KoranSN

Hari ini, Rabu (16/7/2019), penyidik Tindak Pidana Korupsi (Tipidkor) Sat Reskrim Polresta Palembang mengagendakan pelimpahan empat tersangka
dugaan kasus korupsi pembangunan tugu perbatasan Kota Palembang ke jaksa Kejari Palembang. Demikian dikatakan Kanit Tipidkor Polresta Palembang, Iptu Hamsal, Selasa (16/6/2109).

Menurut Hamsal, adapun keempat tersangka yang akan dilimpahkan tersebut berinisial ‘KH’, ‘IC’, ‘AH’ dan ‘AS’.

“Jadi besok (hari ini), sekitar pukul 10.00 WIB kami agendakan pelimpahan empat tersangka dugaan kasus korupsi pembangunan tugu perbatasan Kota Palembang ke jaksa Kejari Palembang,” terangnya.

Masih dikatakannya, selain melimpahkan keempat tersangka, pihaknya juga akan menyerahkan barang bukti dalam dugaan kasus korupsi ini.

“Penyerahan tersangka ke jaksa ini merupakan tahap dua, makanya kami juga menyerahkan barang buktinya kepada jaksa,” ujarnya.

Lanjut Hamsal, penyerahaan keempat tersangka dan barang bukti tersebut dilakukan lantaran beberapa waktu yang lalu berkas perkara dalam dugaan kasus korupsi ini sudah dinyatakan jaksa Kejari Palembang lengkap atau P21.

Baca Juga :   Ruben Achmad: Terorganisasi, Korbannya Masal!

“Dikarenakan berkas perkaranya sudah P21, makanya kami melakukan tahap dua ini,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, Kasat Reskrim Polresta Palembang, Kompol Yon Edi Winara menegaskan, jika berkas perkara dalam dugaan kasus korupsi pembangunan tugu perbatasan Kota Palembang memang telah dinyatakan jaksa lengkap.

“Karena berkasnya sudah lengkap atau P21, maka langkah kita selanjutnya yakni menyerahkan tersangka dan barang buktinya ke kejaksaan. Untuk jumlah tersangkanya ada empat tersangka, dari itu dalam pelimpahan yang dalam waktu dekat kami lakukan, keempat tersangkanya akan kami serahkan secara bersamaan ke jaksa Kejari Palembang,” ungkap Kasat.

Sedangkan Kanit Tipidkor Polresta Palembang, Iptu Hamsal sebelumnya juga telah mengungkapkan, jika dalam dugaan kasus korupsi yang terjadi tahun 2014 lalu ini, keempat tersangka diduga telah melakukan perbuatan yang merugikan negara dalam proyek pembangunan tugu perbatasan senilai Rp 5 miliar.

Baca Juga :   Penyidikan Dugaan Kasus Korupsi Lahan Jalan Tol Pematang Panggang Kayu Agung Berlanjut

“Untuk itulah dalam dugaan kasus ini keempat tersangka disangkakan melanggar Undang-Undang tentang pemberantasan Tindak Pidana Korupsi,” katanya.

Lebih jauh diungkapkannya, dalam dugaan kasus ini diduga keempat tersangka melakukan pembangunan tugu perbatasan tidak sesuai dengan Rincian Anggaran Bangunan (RAB) sehingga terindikasi menimbulkan kerugian negara.

“Ada empat titik pembangunan tugu perbatasan Kota Palembang tersebut, yang mana pembangunannya menggunakan APBD Pemkot Palembang sebesar Rp 5 miliar yang pelaksanaannya dilakukan oleh Dinas PU Cipta Karya (CK) Palembang,” ungkapnya.

Lanjut Hamsal, adapun modus para tersangka dalam dugaan kasus ini diduga tersangkanya melakukan mark-up harga dan ukuran dalam pembangunan tugu tersebut hingga terdapat perbedaan dengan RAB.

“Sudah banyak saksi yang telah kita periksa diantaranya, saksi dari Dinas PU CK, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), pejabat Pelaksana Teknis dan Kegiatan (PPTK), konsultan proyek, pengawas proyek, penerima barang serta kontraktor pembangunan tugu perbatasan,” ujar Hamsal saat itu. (ded)







Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Penjual Telur Gulung yang Hanyut di Sungai Ogan Ditemukan Meninggal Dunia

Palembang, KoranSN Asep (29), penjual telur gulung yang sebelumnya hanyut dan tenggelam di Sungai Ogan, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!