Hari Ini 5 Terdakwa Komisioner KPU Palembang Hadapi Tuntutan Jaksa





Lima terdakwa komisioner KPU Kota Palembang saat mengikuti sidang ke 4 di PN klas 1 A Palembang, Rabu (10/7/2019). (foto-antaranews)

Palembang, KoranSN

Hari Ini, Kamis (11/7/2019) lima terdakwa Komisioner KPU Palembang akan menghadapi tuntutan Tim Jaksa Penutut Umum (JPU) Kejari Palembang di Pengadilan Negeri (PN) Kelas 1 A Palembang.

Ketua Tim JPU, Yuliati Ninggsih yang juga selaku Kasi Pidum Kejari Palembang, Rabu (10/7/2019) mengatakan, dalam persidangan tersebut pihaknya telah mepersiapkan tuntuan untuk kelima terdakwa yakni; terdakwa Eftiyani (Ketua KPU Kota Palembang), Alex Berzili (Komisioner Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu), Syafarudin Adam (Komisioner Divisi Perencanaan Data dan Informasi), Abdul Malik (Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan) dan Yetty Oktarina (Komisioner Divisi Sosialisasi Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia).

“Besok (hari ini) tuntutan kelima terdakawa akan kami bacakan dalam persidangan,” tegasnya.

Baca Juga :   Sungai Kedukan Jadi Batas Wilayah SU I dan II

Masih dikatakannya, seharusnya tuntutan kelima terdakwa dijadwalkan Rabu sore, namun karena surat tuntutan belum siap makanya tuntutan kelima terdakwa ditunda.

“Hari ini (kemarin) jadwal tuntutannya, tapi tuntutan kami belum siap hingga ditunda. Hal ini dikarenakan, dalam perkara ini kan saksinya banyak ada sekitar 30 lebih, belum lagi keterangan kelima terdakwa dan saksi ahli. Untuk itulah kami akan membacakan tuntutannya besok (hari ini),” terangnya.

Dilanjutkannya, jika tuntutan tersebut tidak jauh dari dakwaan kelima terdakwa yang sebelumnya telah dibacakan pihaknya selaku JPU di persidangan beberapa waktu yang lalu.

“Intinya, tuntutan tidak jauh dari dakwaan kami. Jadi, tunggu saja nanti saat kami membacakannya dalam persidangan kelima terdakwa,” ungkapnya.

Sedangkan Ketua Majelis Ketua Hakim, Erma Suhartini SH MH mengatakan, sidang tuntutan kelima terdakwa terpaksa ditunda pihaknya lantaran tuntutan JPU belum siap.

Baca Juga :   60 Warga Binaan Lapas Muara Beliti Diberi Pelatihan Pertukangan dan Pembuatan Teralis Besi

“Besok (hari ini) jaksa baru akan membacakan tuntutannya. Setelah sidang tuntutan, kita akan lanjutkan ke sidang pledoi, replik dan duplik. Sedangkan untuk sidang putusan atau vonis kelima terdakwa waktunya kita agendakan, Jumat (12/7/2019),” tutupnya.

Diberitakan sebelumnya, dalam persidangan dengan agenda dakwaan, Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang terdiri dari Ursula Dewi, Indah Kumala Dewi dan Riko Budiman telah mendakwa kelima terdakwa dengan pasal yang didakwakan tersebut yakni Pasal 554 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana, dan Pasal 510 Undang-Undang Nomor 07 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana.

Dalam dakwaan tersebut, saat itu JPU menilai jika kelima terdakawa telah menghilangkan sekitar 7000 lebih suara masyarakat di Kecamatan IT 2 Palembang saat pelaksanaan Pemilu 2019. (ded)







Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Kemenkumham Sumsel Ikuti Pembinaan dan Koordinasi Tusi Biro Hukerma

Palembang, KoranSN Biro Humas, Hukum dan Kerja Sama melaksanakan kegiatan Pembinaan dan Koordinasi Humas, Hukum …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!