Hari Ini, Pemkot Palembang Uji Coba Rute Shuttle Bus

Sekertaris Dishub Kota Palembang, Agus Supriyanto ketika meninjau rute shuttle bus di Jalan Merdeka Palembang. (foto-ist)

Palembang, KoranSN

Hari ini Senin (29/1/2018), Pemkot Palembang akan melakukan uji coba shuttle bus di sekitaran Jalan Merdeka dan Ampera. Demikian dikatakan Sekertaris Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palembang, Agus Supriyanto, Minggu (28/1/2018).

Diungkapkan Agus, pelaksanaan uji coba dilakukan pukul 06.30 WIB hingga pukul 17.00 WIB setiap hari kerja dan gratis sampai ada kebijakan selanjutnya. Bahkan, pihaknya berharap penerapan ini akan tetap gratis untuk seterusnya. Hal ini dilakukan guna mengurai kemacetan akibat parkir yang semrawut di seputaran wilayah Kota Palembang.

Menurut Agus, terobosan ini bertujuan untuk peningkatan pelayanan masyarakat yang punya urusan dibeberapa kantor OPD pemerintahan. Dimana rute shuttle bus nantinya akan diuji coba di sekitaran kawasan Jalan Merdeka, Jalan Rumah Baru, Jalan Nusa Indah, Jalan Sekanak dan sekitarnya.

“Shuttle bus ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat yang berurusan di kantor pemerintahan di kawasan tersebut. Selain itu untuk memecah kemacetan, karena parkir yang memakan badan jalan,” ungkap Agus.

“Untuk apakah akan dipungut biaya, kita tunggu kebijakan selanjutnya setelah dilakukan evaluasi. Apakah ada biaya untuk menaiki kendaraan ini atau tidak,” ia menambahkan.

Selain itu, ia melanjutkan, estimasi satu kali perjalanan dari titik awal, yakni; Jalan Rumah Bari menuju Jalan Nusa Indah, Jalan Merdeka, Jalan Sekanak dan kembali ke posisi awal hanya memakan waktu 5 hingga 10 menit.

“Nantinya kendaraan masyarakat akan di parkir di seputaran Jalan Rumah Bari dan Ampera. Kalau masih bandel parkir sembarangan, seperti di badan jalan, akan kita gembok dan kalau itu Aparatur Sipil Negara (ASN) maka kalau sudah tiga kali melanggar akan diberi surat peringatan,” jelasnya.

Baca Juga :   11 Satker Kemenkumham Sumsel Masuk Penilaian Internal WBK/WBBM

Sementara, Direktur Operasional PT Sarana Pembangunan Palembang Jaya (SP2J), Antony Rais menambahkan, pihaknya menyiapkan dua unit bus transmusi untuk digunakan sebagai shuttle bus di rute tersebut. Dimana satu bus akan mulai berangkat dari Jalan Rumah Bari dan yang satunya dari kawasan Ampera.

“Untuk itu kita butuh tambahan dua halte portabel dan sudah kita koordinasikan dengan pihak terkait saat uji coba rute shuttle bus tersebut,” pungkasnya. (rgn)







Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Kemenkumham Sumsel Berikan Remisi Khusus Hari Anak Nasional Kepada 94 Anak Binaan

Palembang, KoranSN Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Selatan menyatakan sebanyak 94 anak binaan mendapatkan remisi khusus …

error: Content is protected !!