Penyerahan Dokumen Syarat Minimal Dukungan Pasangan Calon Perseorangan Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Tahun 2020
Home / Lacak / Harimau Serang Warga Lahat Hingga Tewas

Harimau Serang Warga Lahat Hingga Tewas

Korban Kuswanto alias Kanton saat tiba di rumahnya usai ditolong warga dari lokasi kejadian. (foto-robby/koransn)

Lahat, KoranSN

Baru selang beberapa hari warga dikejutkan kehadiran seekor harimau yang turun ke kawasan kebun teh di Pagaralam hingga kabar tersebut sempat menjadi viral di Medsos. Minggu (17/11/2019), seorang warga di Kabupaten Lahat tewas diserang oleh seekor macan.

Adapun korban yang tewas akibat diserang hewan buas macan tersebut, yakni Kuswanto alias Kanton (56), warga Desa Pulau Panas Kecamatan Tanjung Sakti Pumi Lahat.

Informasi yang dihimpun, korban ditemukan oleh warga setempat Minggu pukul 10.00 WIB di perkebunan kopi, tepatnya di Desa Pulau Panas Tanjung Sakti Lahat Kabupaten Lahat.

Camat Tanjung Sakti Pumi, Awang Firmansyah melalui Sekcam Firdauz SP mengatakan, dirinya mendapat laporan dari warga jika ada warga yang mendengar hal tersebut. Sehingga dirinya langsung turun ke lapangan dan melihat langsung kebenaran informasi yang diterimanya itu.

Dirinya menuturkan, jika saat korban diterkam oleh seekor harimau, ada warga yang melihat kejadian tersebut. Akibat serangan hewan buas itu, membuat korban mengalami luka di bagian leher akibat cakaran hewan buas yang sangat tajam.

Baca Juga :   Gara-gara Mandi di Sungai, Dua Warga Desa Talang Pangeran OKI Saling Bacok

“Setelah ditemukan oleh warga, korban langsung dibawa ke tempat kediaman korban. Memang benar, korban diterkam Harimau. Saya ingatkan pada warga agar tetap hati-hati. Kita khawatir hewan buas ini masih berkeliaran,” himbaunya.

Selanjutnya informasi Sumadi selaku Kades Pulau Panas Kecamatan Tanjung Sakti Lahat menyebutkan, jika korban merupakan seorang petani.

Dikatakannya, ketika kejadian korban sedang mengambil kayu, dan kemungkinan korban sudah diinncar oleh harimau tersebut, sehingga disaat korban lengah hewan tersebut langsung menyerang korban dan korban pun tewas seketika.

Sementara itu dari hasil penyelidikan yang dilakukan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumsel jika hewan buas yang menerkam petani hingga tewas di Kabupaten Lahat bukan seekor macan dahan atau macan tutul, melainkan seekor harimau.

Kepala BKSDA Sumsel, Genman Suhefti Hasibuan mengatakan, kepastian tersebut didapat dari keterangan saksi-saksi yang melihat langsung korban, Kuswanto (57) diserang oleh harimau di kebun kopinya.

“Untuk kepastiannya kami akan memasang camera trap di jalur-jalur yang diduga merupakan perlintasan harimau,” ujar Genman.

Baca Juga :   Tertangkap Tangan, Dua Jambret Diringkus

Berdasarkan keterangan saksi bernama Dedi (32), yang merupakan keluarga korban dan menemani korban di kebun, sekitar pukul 09.00 WIB saat keduanya menebang pohon tiba-tiba muncul seekor harimau dengan ciri-ciri berwarna putih dominan serta bercorak kuning hitam di sebagian tubuhnya.

Jarak harimau dengan korban dan saksi hanya empat meter. Kuswanto dan Dedi berusaha menyelamatkan diri dengan berputar ke arah lain agar pandangan harimau teralihkan, namun tak lama kemudian harimau menghadap ke arah keduanya.

Keduanya berupaya menghalangi gerakan harimau menggunakan kayu, tapi nahas saat keduanya bergerak turun justru harimau menerkam Kuswanto dan langsung menggigit lehernya.

Dedi memilih berlari mencari pertolongan warga, kemudian warga datang dan berhasil mengusir harimau lalu mengevakuasi Kuswanto yang sudah meninggal dunia.

“Kami coba menenangkan masyarakat dan mengimbau untuk tidak berkebun sementara waktu, kami juga meminta agar warga segera melapor jika bertemu harimau ataupun jejaknya,” jelas Genman.

Menurut dia, lokasi kejadian jaraknya sekitar 600 meter dari kawasan hutan lindung, sedangkan jarak ke pemukiman warga sekitar tujuh kilometer.

“Dimungkinkan posisi kebun berada di dalam kawasan hutan lindung,” tandasnya. (rob/antara)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Motor Masuk Proyek Tol Palembang-Kayuagung, 1 Tewas 1 Patah Tangan

Kayuagung, KoranSN Lakalantas akibat kendaraan bermotor nekad masuk proyek tol kembali terjadi. Jika sebelumnya satu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.