Harnojoyo Bersama Warga 16 Ilir Bersihkan Sungai Rendang

Walikota Harnojoyo ditemani warga sekitar saat mengangkat patahan batang pohon di sungai. (foto-ist)

GUNA menciptakan kebersihan lingkungan di Kota Palembang, Walikota Palembang H Harnojoyo, Minggu pagi (10/9/2017) membersihkan Sungai Rendang di Kelurahan 16 Ilir Kecamatan Ilir Timur I Palembang. Dalam kegiatan tersebut Harnojoyo terus berupaya menggalakan dan mendorong seluruh elemen masyarakat agar menjaga kebersihan melalui gerakan gotong-royong yang dilakukan setiap minggu pagi.

“Inilah kondisi sungai kita, karena ulah kita sendiri yang tidak peduli dengan lingkungan, makanya gerakan gotong-royong yang kami laksanakan dalam rangka merubah perilaku masyarakat agar menjadi bersih serta bisa dinikmati oleh anak cucu kita di masa depan,” ungkap Harnojoyo usai melakukan kegitan gontong royong di Kelurahan 16 ilir, Kecamatan Ilir Timur I Palembang.

Menurutnya, dengan kegiatan gotong-royong rutin yang dilakukan setiap minggu pagi diharapkan bisa merubah prilaku masyarakat agar tidak lagi membuang sampah sembarangan, apalagi membuang sampah ke dalam sungai. Untuk itu, dirinya tidak akan berhenti dan capek mengajak serta mengingatkan masyarakat agar menjalankan pola hidup sehat.

Baca Juga :   Kejari Palembang Musnahkan Senjata Api Hingga Narkotika
Walikota Harnojoyo ketika berada di pinggiran aliran Sungai Rendang saat bersihkan sampah.

Lanjut Harnojoyo, dirinya berharap dengan kegiatan gontong-royong dapat menimbulkan dampak positif bagi lingkungan maupun maryarakat khusunya di Kota Palembang.

“Mudah-mudahan dengan gotong-royong hari ini masyarakat sadar akan lingkungan dan terbukti banyak masyarakat yang semangat ikut gotong royong serta tidak sedikit masyarakat mengatakan tidak akan buang sampah disungai lagi,” ujarnya.

Sementara, salah satu warga 16 Ilir, Wahyudi (34) menuturkan, dirinya sangat tergugah dengan aksi yang dilakukan Walikota Palembang. Karena bersama masyarakat tidak sungkan untuk langsung terjun ke dasar sungai guna membersihkan tumpukan sampah.

Warga bersama Harnojoyo saat membersihkan tumpukan sampah di aliran sungai.

“Melihat Pak Wali turun langsung ke sungai, saya dan warga lainnya jadi merasa malu dan kami berinisiatif juga ikut terjun langsung membantu orang nomor satu di Palembang ini guna membersihkan tumpukan sampah yang menggangu aliran sungai ini,” ujarnya.

Baca Juga :   Kapolda Sumsel Berikan Bantuan Sembako Kepada Warga Isoman

Dikatakannya, masyarakat sekitar merasa tidak enak hati lantaran tidak bisa menjaga lingkungan hingga sampah mencemari lingkungan sekitar, bahkan sampah tersebut menumpuk di sungai.

“Kami warga di sini semuanya jadi malu, karena kotornya sungai akibat ulah dari kami sendiriyang tidak peduli terhadap kebersihan lingkungan. Jadi, kami merasa tergugah untuk tidak lagi mengotori sungai di lingkugan kami ini,” katanya.

Diketahui, selama lebih kurang dua jam Walikota Palembang, H Harnojoyo berserta jajaran di lingkungan Pemkot Palembang dan bersama warga Kelurahan 16 Ilir membersihkan sampah dari dasar Sungai Rendang hingga mengangkat sampah tersebut kedaratan. (rgn)



Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Kemenkumham Sumsel Kampanyekan Pembangunan Zona Integritas

Palembang, KoranSN Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Sumsel, Rahmi Widhiyanti yang mewakili Kakanwil Kemenkumham Sumsel …

error: Content is protected !!