Harus Belajar dari Banyaknya Bencana Alam

gempa mentawai.
Gempa di Mentawai. FOTO-NET

TANAH Indonesia  memang sangat rawan terjadi bencana alam, hal ini disebabkan banyak faktor. Untuk faktor geografi dan topografi sangat jelas, karena kita ketahui Bumi Pertiwi ini dilalui dua lempeng tektonik aktif hingga membuat banyak daerah rawan gempa.

Dua lempeng aktif ini membuat wilayah yang dilalui, kerap terjadi pergerakan yang dapat membuat terjadinya gempa. Untuk diketahui wilayah Sumatera juga dilalui lempeng aktif tersebut.

Seperti kita ketahui  Rabu malam kemarin (2/3/2016) saudara-saudara kita kawasan Sumatera Barat dan sekitarnya diguncang gempa berkekuatan 7,8 pada skala Richter (SR). Gempa kuat pukul 19.49 WIB malam itu, diketahui berpusat di perairan sejauh 682 kilometer sebelah barat daya Kepulauan Mentawai, dengan kedalaman 10 kilometer. Gempa mentawai juga terasa sampai Aceh dan Padang sekitarnya. Tetapi semalam belum ada informasi ada kerusakan ataupun korban jiwa dari gempa ini.

Baca Juga :   Waspadai Modus Baru Korupsi!

Tentu saja kepanikan muncul dan timbul dari warga dan saudara kita yang daerahnya tertimpa gempa, terutama untuk daerah yang berada di tepi pantai  dan laut lepas. Peristiwa gempa kuat yang membuat terjadinya badai tsunami di Aceh misalnya, telah membuat warga belajar untuk cepat sigap. Apalagi semalam pemberitahuan BMKG cepat dilakukan. Seperti diketahui  warga sudah banyak yang mengungsi ke dataran tinggi.

Hanya doa yang terselip, agar gempa bumi tersebut tak disertai dengan tsunami. Tetapi walaupun demikian, semua harus waspada dan berjaga atas kemungkinan yang terburuk.

Tanah Nusantara Indonesia memang sangat rawan bencana alam. Kita sering mendengar
Indonesia memang banyak gunung berapi aktif, yang sewaktu-waktu dapat meletus. Faktor lainnya, Tanah  Nusantara yang digugusi ribuan pulau-pulau ini dikeliling lautan yang luas, hingga tak heran faktor ini juga membuat banyak wilayah menjadi rentan  bencana, mulai besarnya terjangan ombak sampai tsunami.

Baca Juga :   Kesusahan Rakyat, Kondisi Apa Ini?

Kita harapkan pemerintah kita sigap dengan banyaknya bencana alama  yang sering menimpa Bumi Pertiwi ini. Jangan sampai perhatian  untuk anak negeri  yang terkena kemalangan selalu telat. Mengingatkan ini sangat  penting, karena perhatian untuk saudara  yang tertimpa bencana sering terlambat. (Agus Harizal)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Fitriyanti

Avatar

Lihat Juga

COVID-19 Masih Memerlukan Perhatian yang Tinggi

  DI penghujung tahun 2020, permasalahan COVID-19 masih memerlukan perhatian yang tinggi, walaupun secara umum …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.