Hasil Survei Kuadron: Harno-Sarimuda Bersaing Ketat, AKHOR Berpotensi Beri Kejutan





Direktur eksekutif Kuadron, Didi Wahyudi saat memaparkan hasil survei untuk Pilkada Kota Palembang. (foto-SN/Anton wijaya)

Palembang, KoranSN

Pilkada Palembang diprediksi akan berlangsung ketat hingga akhir. Dari hasil survei yang dilakukan Lembaga Survei Kuadron, pasangan Harnojoyo-Fitrianti Agustinda dan pasangan Sarimuda-Abdul Razak bersaing sangat ketat. Namun, kejutan juga dibuat oleh pasangan Akbar Alvaro-Hernoe Roesprijadji (AKHOR) yang berpotensi menyalip keduanya. Sementara pasangan Mularis-Syaidina Ali berada di urutan terakhir, dengan potensi menang sangat kecil.

Demikian diungkapkan oleh Direktur Eksekutif Kuadron Didi Wahyudi dalam keterangan persnya, di ruang meeting Hotel Aryaduta, Rabu (23/5) siang.

Ia mengatakan, survei yang dilakukan Kuadron melibatkan 400 responden yang tersebar di 18 kecamatan di Kota Palembang.

“Kami menggunakan cluster random sampling dengan tingkat kepercayaan sebesar 5% dan margin error sebesar 5% dari 400 responden yang kami lakukan mulai tanggal 11 Mei 2018 hingga 18 Mei 2018,” terang Didi.

Untuk tingkat popularitas paslon, kata Didi, Paslon Harno-Fitri menempati urutan pertama dengan perolehan 99%, disusul paslon Sarimuda-Rozak dengan perolehan 98,75% dan ditempat ketiga paslon Akbar-Hernoe dengan perolehan 79% serta yang menempati posisi terakhir paslon Mularis-Syaidina dengan angka 71,50%.

“Namun, untuk tingkat ketersukaan atau akseptabilitas calon walikota yang paling tinggi ada nama Sarimuda dengan 75,25% suara disusul Harnojoyo dengan 68,50%, ketiga ada Akbar dengan 52,25% dan terakhir Mularis dengan 51%. Meski begitu, suara Harno didongkrak oleh ketersukaan masyarakat kepada Cawawako Finda yang memperoleh angka 55,25%, kemudian Abdul Rozak dengan 48,50%, disusul Hernoe dengan 32,25%, terakhir Syaidina Ali dengan 31%,” paparnya.

Baca Juga :   Dukungan di OKU Selatan Meningkat, Ishak Mekki Sebut Masyarakat Ingin Pemimpin yang Amanah

Masih kata dia, berdasarkan elektabilitas atau tingkat keterpilihan calon, pasangan Harno-Fitri masih unggul dengan 31,25%, keduanya bersaing ketat dengan pasangan Sarimuda-Rozak dengan perolehan 28,75 %, sedangkan paslon Akbar-Hernoe mendapat 23,25 % suara dan Paslon Mularis-Syaidina hanya mendapat perolehan 9,25%. Selain itu juga terdapat Swing Voter sebesar 7,50%.

“Sebenarnya tiga paslon teratas masih punya potensi menang, apalagi jika mereka bisa merebut suara swing voter yang sampai saat ini belum menentukan pilihan,” tandasnya. (awj)







Publisher : Anton Wijaya

Lihat Juga

Didukung 9 Parpol, Ratna-Suwarti Harapkan Mesin Partai Bergerak Hingga ke Pelosok

Musirawas, koranSN Dukungan partai politik (Parpol) ke pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Musi Rawas …

error: Content is protected !!