HD Minta Syarat Pengurusan BPHTB Dipermudah





Gubernur H Herman Deru ketika menerima audiensi BPN Perwakilan Sumsel di ruang tamu gubernur, Rabu (24/10/2018). (foto-humas pemprov sumsel)

Palembang, KoranSN

Gubernur Sumsel Herman Deru menginstruksikan agar syarat mengurus Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) dipermudah. Hal itu diungkapkannya saat menerima audiensi BPN Perwakilan Sumsel di ruang tamu gubernur, Rabu (24/10/2018).

Tak hanya itu, HD juga mewacanakan menaikkan besaran Nilai Objek Pajak Tidak Kena Pajak (NOPTKP). Menurut mantan bupati OKU Timur dua periode itu, asalkan tidak melanggar aturan dirinya siap membuatkan Pergub demi membantu masyarakat.

“Saya prihatin dengan nilai BPHTB tanah yang diberikan ke masyarakat itu terlalu sedikit. Makanya NOPTKP (Rp 60 juta) ini perlu dinaikkan. Asalkan tidak melanggar akan kita buatkan Pergub atau Perda nya,” ujar HD.

Baca Juga :   Muhammad Nasir: Anggaran Defisit Akan Berdampak Terhadap Pembagunan di Banyuasin

Selain rencana tersebut HD juga menginginkan agar BPKAD provinsi juga menginventarisisr aset-aset tanah yang belum teradministrasi dengan baik. Hal ini lantara masih banyak sertifikat dokumen masih dipedang masing-masing OPD.

“Harusnya selesai tahun anggaran ini diserahkan ke KPD,” ujar HD.

Dalam kesempatan itu HD juga meminta kuota target alokasi pemetaan ditambah dari sebelumnya yang sebanyak 8 juta di Sumsel. HD juga meminta BPN menyiapkan semua tanah yang sudah tersertifikat namun belum diserahkan ke pemiliknya.

Tak hanya itu, dalam pertemuan tersebut HD juga menyoroti masalah batas wilayah antar kabupaten kota. HD meminta semuanya segera diselesaikan dengan baik. “Jangan pernah ada meng-iyakan atau menyetujui daerah yg masih bersengketa, karna selalu sengketa perbatasan ini berdampak ke sengketa kepemilikan,” tegasnya.

Baca Juga :   Besok, Kandidat Mulai Berkampanye

“Data dari BPN sertifikat yang sudah terbit ada 86% dan yang belum diserahkan ada 42.000. Kebijakan ini sangat berharga bagi masuarakat kita akan serahkan itu sekaligus membantu program Presiden,” ujarnya. (awj)





Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

HD Cairkan Suasana dan Obati Kepenatan Pedagang, Kuli Pangul Hingga Pengemudi Ketek

Palembang, KoranSN Antusias masyarakat mulai dari kalangan pedagang, kuli panggul, para pengemudi dan penumpang perahu …

error: Content is protected !!