Hindari Kecurangan, Timbangan Pedagang Ditera Ulang

Fitrianti Agustinda . (foto-dok/ferdinand/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Guna menghindari adanya kecurangan serta meminimalisir kerugian akibat timbangan para pedagang. Pemerintah Kota Palembang dibantu Operasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, seperti Dinas Perdagangan serta Perusahaan Daerah (PD) Pasar Palembang Jaya melakukan tera ulang timbangan pasar di Pasar Palimo (KM 5) Palembang, Kamis (1/2/2018).

Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda, yang membuka langsung tahapan tera ulang di halaman parkir Pasar Palimo mengatakan, tera ulang timbangan pedagang harus dilakukan secara bertahap, guna menghindari kecurangan timbangan yang tidak sesuai aturan normal, yakni 0,5 persen untuk batas atas bawah dan batas kiri kanan.

“Tera ulang yang dilaksanakan ini merupakan kelanjutan dari kegiatan tera ulang yang dilaksanakan Dinas Perdagangan Kota Palembang. Dimana, tahun ini sudah dua pasar yang dilaksanakan tera ulang,” jelasnya.

Menurut Finda, sapaan akrab Fitrianti Agustinda, kegiatan tera ulang ini dilakukan sebagai bentuk pembinaan yang dilakukan Pemkot Palembang terhadap para pedagang. Dimana, tera ulang akan dilakukan di seluruh pasar yang ada di Kota Palembang.

“Pasar di Kota Palembang jumlahnya ada sekitar 40 pasar. Tera ulang ini akan dilakukan secara berkala ke setiap pasar-pasar yang tersebar,” ungkapnya.

Lanjutnya, kegiatan tera ulang ini, merupakan cara Pemkot Palembang dalam melindungi pembeli dan pedagang saat bertransaksi di pasar. Sehingga tidak ada yang dirugikan dalam transaksi dan timbangan yang ada di pasar semuanya pas.

Baca Juga :   Tiga Satuan laksanakan Upacara Peringatan HUT Bersama

“Kadang-kadang ini terjadi karena kelalaian pedagang. Tapi ada juga yang sengaja bersikap curang. Tapi jika memang pedagang sengaja bersikap curang, maka akan ada sanksi dari hal tersebut,” tegas Finda.

Sementara, Kepala Dinas Perdagangan Kota Palembang, Hardayani menambahkan, kegiatan tera ulang ini dilakukan setiap enam bulan. Dimana, tim dari Dinas Perdagangan akan berkeliling kepasar-pasar dan melakukam pengecekan terhadap timbangan milik pedagang.

“Sebenarnya jadwalnya enam bulan sekali, tapi kita toleransi satu tahun sekali,” tandasnya. (rgn)







Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Kemenkumham Sumsel Berikan Remisi Khusus Hari Anak Nasional Kepada 94 Anak Binaan

Palembang, KoranSN Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Selatan menyatakan sebanyak 94 anak binaan mendapatkan remisi khusus …

error: Content is protected !!