Hj Letizia : Hindari Dehidrasi, Perbanyaklah Mengkonsumsi Air Putih Saat Sahur dan Berbuka Puasa







Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang, Hj Letizia M kes (foto-ist/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh bernah. Untuk itu para umat muslim diwajibkan berpuasa dan memperbanyak ibadah pada saat bulan suci ini. Karena berpuasa, dipastikan tubuh akan kekurangan cairan pada siang hari saat menjalankan ibadah puasa, untuk itu saat sahur dan berbuka puasa perbanyaklah mengkonsumsi air putih guna mengurangi dehidrasi pada tubuh saat menjalankan ibadah puasa di bulan penuh berkah ini.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang, Hj Letizia mengatakan, minum air putih yang banyak saat sahur dan berbuka puasa adalah suatu hal yang penting dilakukan guna menghindari dehidrasi pada tubuh, karena kurangnya cairan pada tubuh bisa menyebabkan tubuh menjadi lemah.

Baca Juga :   7 Pasien Corona Palembang Meninggal

“Setiap hari itu kita wajib minum air putih sedikit-dikitnya delapan gelas atau satu liter perhari, untuk itulah apabila berbuka dan saat sahur perbanyaklah mengkonsumsi air p[utih guna mengurangi dehidrasi dan menghindari kelemahan pada tubuh,” jelasnya saat dikonfirmasi, Rabu (14/6/2017).

Dikataknnya, selain meminum air putih, juga perbanyaklah mengkonsumsi buah-buahan. Hal ini dianggap penting, karena buah merupakan sumber vitamin yang banyak dan sangat baik untuk tubuh.

“Selain harus banyak mengkonsumsi air putih, kita juga harus perbanyak mengkonsumsi buah-buahan saat berbuka puasa dan sahur agar dapat membuat tubuh kita menjadi lebih segar,” imbuhnya.

Ia menghimbau, kepada masyarakat yang menjalankan ibadah puasa, diharapkannya juga dapat mengatur pola makan yang baik agar kesehatan dapat selalu terjaga.

Baca Juga :   Program Kartu Gratis Calon Ketua PWI Sumsel Agus Harizal Disambut Antusias Para Pemilih

“Mengatur pola makan juga harus dilakukan saat menjalankan ibadah puasa, makanlah sedikit saat beduk berkumandang, usai sholat maghrib kita bisa melanjutkan makan kembali, yang jelas makanlah dengan bertahap,” tuturnya.

Maih kata Letizia, sementara ini, untuk jenis penyakit yang biasa diderita masyarakat saat menjalankan ibadah puasa, dirinya belum bisa menjelaskan karena belum memiliki data yang lengkap.

“Untuk jenis penyakit yang sering diderita masyarakat saat menjalankan ibadah puasa, kita belum bisa mendatanta karena belum ada yang menonjol. Namun, biasanya penyakit yang rawan diderita masyarakat, yaitu sakit maag karena menahan lapar,” tandasnya. (rgn)







Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Kemenkumham Sumsel saat melakukan Monev untuk memastikan kualitas layanan bantuan hukum di Lapas. (Foto-Istimewa)

Pastikan Kualitas Layanan Bantuan Hukum di Lapas, Kemenkumham Sumsel Lakukan Monev

Palembang, KoranSN Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan melakukan pemeriksaan terhadap penerima bantuan …

error: Content is protected !!