Hotel Grand Inna Daira Diserang Teroris, Pengunjung Disandera Pelaku Bersenjata Api





Robot penjinak bom saat mengevakuasi tas berisi bom. (Foto-Dedy/Koransn)

Palembang, KoranSN

Kawanan pelaku teroris, Kamis (31/5/2018) pukul 16.30 WIB menyerang Hotel Grand Inna Daira di Jalan Jenderal Sudirman Palembang. Dalam aksi teror tersebut, dua pelaku melakukan bom bunuh diri di depan hotel sementara tiga pelaku membawa senjata api menyandera sejumlah pengunjung yang berada di hotel tersebut.

Aksi penyerang teroris tersebut bermula dari kedatangan dua pelaku yang mengendarai sepeda motor. Setiba di depan hotel, kedua pelaku langsung turun dari motor mendekati anggota kepolisian yang sedang berjaga di depan hotel. Tiba-tiba, ledakan bom terjadi dari dalam tas yang dikenakan salah satu pelaku. Akibatnya pelaku itu tewas bersamaan dengan meladaknya bom.

Sementara satu pelaku lainnya langsung ditembak oleh petugas kepolisian yang ada di lokasi kejadian. Hingga akhirnya kedua teroris tersebut tewas.

Bukan hanya itu, tak lama kemudian datang mobil minibus warna hitam, dari dalam mobil tersebut keluar tiga pelaku teroris membawa senjata laras panjang. Ketiganya langsung masuk ke dalam hotel sembari menembakan senjata api yang dibawa para pelaku.

Ketika di dalam hotel, ketiga teroris ini menyandera pengunjung dan atlet yang menginap di hotel tersebut. Para korban disandera pelaku di kamar hotel lantai 8.

Baca Juga :   Bentrok di Perbatasan OKI-Lampung Masalah Lama, Kapolda Sumsel: Kita Antisipasi Bentrok Susulan

Tim Brimob Polda Sumsel bersama TNI Kodam II/Swj yang mendapati Informasi adanya penyanderaan para pengunjung hotel ada atlet langsung mendatangi lokasi kejadian. Bahkan Tim Sniper dari TNI dan Polri dikerahkan untuk melumpuhkan ketiga pelaku yang menyandera para korban di lantai 8 hotel.

Dengan sigap anggota pun naik ke lantai 8 menggunakan tali dari luar hotel. Setiba di lantai 8, petugas langsung melumpuhkan ketiga pelaku teroris yang melakukan penyanderaan.

Usai berhasil melumpuhkan para pelaku teroris kemudian tim gabungan Polri dan TNI langsung mengevakuasi para korban. Setelah itu petugas menyisir hotel untuk mencari bahan peledak yang masih ada disekitar hotel.

Tampak dua teroris yang tewas usai dilumpuhkan petugas kepolisian dan TNI dalam latihan simulasi.

Dalam penyisiran ini robot penjinak bom Brimob Polda Sumsel mengevakuasi sebuah tas yang di dalamnya terdapat bom. Kemudian petugas Gegana Brimob Polda Sumsel dengan menggunakan baju anti bom meledakan bom di dalam tas tersebut di pinggir jalan, tepatnya di depan hotel.

Aksi mencekam bom bunuh diri dan penyanderaan yang dilakukan para pelaku teroris ini bukanlah sebenarnya. Melainkan hanyalah simulasi latihan Operasi Kontijensi Among Raga Musi 2018 dalam rangka pengamanan Asian Games 2018 yang dilakukan Brimob Polda Sumsel, Polresta Palembang bersama TNI Kodam II/Swj.

Baca Juga :   Mayjen TNI Irwan Resmi Jabatan Pangdam II/SWJ

Kapolda Sumsel, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara mengatakan, simulasi tersebut merupakan latihan antisipasi aksi terorisme yang dilakukan di Hotel Grand Inna Daira, dan simulasi digelar sebagai bentuk kesiapan Polri bersama TNI untuk mengamankan Asian Games 2018 yang akan dilakukan di Palembang.

“Latihan ini kami lakukan bersama TNI bertujuan untuk mengantisipasi dan menghadapi segala macam bentuk ancaman terorisme seperti aksi bom bunuh diri. Latihan seperti ini kedepan terus kami lakukan dalam rangka menjaga keamanan pelaksanaan Asian Games di Palembang. Sebab, dengan ditunjuknya dan dipercayanya Kota Palembang menjadi tempat pelaksanaan Asian Games maka kita dapat kehormatan menjadi tempat event internasional ini, dari itu kami akan melakukan pengamanan,” terang Kapolda usai menggelar simulasi.

Masih kata Kapolda, pada pelaksanaan Asian Games 2018 nanti pihaknya dari Polda Sumsel bersama TNI juga akan melakukan pengamanan di semua tempat, baik di venue-venue, kawasan Jakabaring dan kendaraan yang digunakan oleh para atlet.

“Termasuk pengamanan tempat menginap atlet dari luar negeri yang akan bertanding dalam Asian Games di Kota Palembang ini,” tandasnya. (ded)

Suasana simulasi penanggulangan serangan teroris yang dilakukan di Hotel Grand Inn Daira Palembang.




Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Perkuat Peran Pers dalam Mensukseskan Sumsel Mandiri Pangan

Palembang, KoranSN Dalam rangka HUT ke-76 PWI dan Hari Pers Nasional 2022, PWI Prabumulih akan …

error: Content is protected !!