Hujan Deras Tak Halangi Peserta Perahu Bidar Raih Juara

Perserta lomba Perahu Bidar saat mengikuti perlombaan meskipun dibawah guyuran hujan. (Foto-Reigan/Koransn)

Palembang, KoranSN

Meski dibawah guyuran hujan deras yang menyelimuti wilayah Kota Palembang khususnya di perairan Sungai Musi, tidak menghalangi para peserta lomba Perahu Bidar meraih juara dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang, Sabtu (28/10/2017).

Dengan bertanding dibawah guyuran hujan peserta lomba Perahu Bidar dari berbagai wilayah se-Sumsel ini, tetap kompak mendayung dengan cepat untuk melewati garis finish dan menjadi juara.

Pada perlombaan ini panitia dari Dinas Pariwisata Kota Palembang memberikan hadiah piala dan uang pembinaan kepada para pemenang lomba, mulai dari; Rp 16 juta, Rp 14 juta, Rp 12 juta dan Rp 9 juta untuk juara I, II, III dan juara harapan.

Perlombaan Perahu Bidar tahun 2017 ini dimenangkan peserta dari Ogan Ilir (OI), sedangkan juara kedua diraih tim dari H M Kemas Giri Ramndha, sementara tim pertamina mendapat juara ke III dan dari KKP mendapat juara harapan.

Pembina Tim Perahu Bidar Ogan Ilir, Jamid Kiting menuturkan, pihaknya mendapatkan juara I lantaran para atlet dayung sudah mimiliki pengalaman pada pertandingan tersebut. Dimana, tim dari daerah Pemulututan ini sudah mengikuti kontestasi semenjak tahun 2012 lalu.

“Kita mengikuti perlombaan ini pertama kali tahun 2012 dan langsung menjadi juara, kemudian tahun 2013 juga kembali menjadi pemenang. Namun, pada tahun 2014 kami mendapat diskualifikasi, tetapi pada tahun 2015 hingga tahun 2017 ini, Alhamdulliah kita kembali mendapatkan gelar juara,” ungkapnya.

Baca Juga :   Pedagang Pasar Lemabang harus jaga jarak

Dikatakannya, untuk pembuatan perahu itu sendiri, dirinya menggunakan kayu Meranti, Merawan serta Bunggur. Dimana, kayu tersebut selain pas dijadikan untuk membuat perahu, juga tahan lama.

“Saya membuat Perahu Bidar ini sudah sejak 12 tahun lalu, jadi cara perawatannya juga memahami, seperti; mengecek apakah terjadi kebocoran pada perahu serta melihat ketahan pada dayung itu sendiri,” jelasnya.

Wakil Ketua Tim Perahu Bidar Ogan Ilir, Lekad menambahkan, dari total 57 orang pendayung memang sebagian perserta sudah biasa dalam olahraga tersebut. Bahkan dua orang diantaranya pernah mengikuti kejuaraan PON Riau beberapa tahun lalu.

“Keduanya yakni, Tama dan Rusdi. Jadi, meskipun perahu kami dibuat pada tahun 1992 tapi bentuk serta ketahanannya tidak jauh berbeda dengan perahu peserta lainnya. Untuk itulah kami bisa memenangkan kembali perlombaan Perahu Bidar ini,” ujarnya.

Sementara itu, dalam perlombaan Perahu Bidar tersebut, pemenang perlombaan parade perahu motor hias kategori; OPD, Instansi, BUMD/N, organisasi dan swasta Kab/Kota se-Sumsel diraih oleh; PDAM Tirta Musi dengan nilai 2160, lalu juara ke II diraih Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Palembang dengan nilai 2075.

Sedangkan Bank Sumsel Babel serta Dinas Pendidikan Kota Palembang menjadi juara III dan juara harapan, masing-masing memperoleh nilai 2015 dan 1960.

Baca Juga :   Kongkrit, Gubernur Alihkan Anggaran Untuk Insentif Tenaga Kesehatan

Kemudian untuk pemenang perlombaan parade perahu motor hias kategori kecamatan dimenangkan oleh; Kecamatan Kalidoni/ IT, juara II dari Bukit Kecil/Kemuning serta Kecamatan Sako Sematang Borang dan Kecamatan AAL/ IB I menjadi juara ke III dan juara harapan.

Walikota Palembang, H Harnojoyo menuturkan dari bermacam perlombaan, Perahu Bidar menjadi salah satu lomba yang bisa menarik perhatian wisatawan macanegara dan wisatawan lokal kedepannya berkunjung ke Sungai Musi.

Dengan harapan, lanjut Harnojoyo, melalui Dinas Pariwisata untuk terus membuat program rutin. Dimana, penyelenggaraannya tidak hanya memperingati hari-hari besar saja, seperti hari Pahlawan dan Sumpah Pemuda.

“Ini semata kita ingin menjadikan Sungai Musi lebih dikenal dunia seperti pada jaman Kerajaan Sriwijaya, karena tidak ada kota dengan keindahan seperti Sungai Musi ini, dan marilah kita meriahkan dan gelorakan terus kegiatan seperti ini,” ujarnya.

Kedepan, dikatakannya, dirinya memberikan himbauan kepada instansi dan swasta lainnya untuk lebih berperan dalam perlombaan bidar setiap tahunnya.

“Nanti kita akan lebih memeriahkan lomba bidar ini, dari persatuan seperti; perhotelan, perbankan dan pihak Puskesmas,” pungkasnya. (rgn)

H Harnojoyo ketika memberikan piala kepada pemenang lomba.
Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

KIP Sumsel Apresiasi Ketransparansian Informasi Pemkot Palembang

Palembang, KoranSN Komisi Informasi Publik (KIP) Provinsi Sumsel menyampaikan apresiasinya terkait ketransparansian Informasi yang disampaikan …