HUT OKI Jadi Energi Tuntaskan Pembangunan



Gubernur Sumsel H Herman Deru, Ketua TP PKK Sumsel, Ketua TP PKK OKI serta Bupati Iskandar SE saat menggunting pita pembukaan OKI Expo. (foto-maniso/koransn.com)

Kayuagung, KoranSN

Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) kini genap berusia 73 tahun. Bupati Ogan Komering Ilir, H Iskandar SE mengungkapkan, peringatan hari jadi Kabupaten OKI tahun ini menjadi energi penyemangat pemerintah dan masyarakat OKI untuk menuntaskan pembangunan.

“Tak terasa lebih dari 7 windu usia Kabupaten OKI, Kita jadikan keberkahan ini sebagai sumber energi kemajuan Ogan Komering Ilir Mandira. Energi untuk membangun desa yang berdaya,” ungkap Bupati OKI pada rapat Paripurna peringatan Hari Jadi Kabupaten OKI ke 73, kemarin.

Pada kesempatan itu, Bupati mengungkapkan sejumlah capaian pembangun OKI di usia ke 73 tahun.

“Meski memiliki wilayah yang luas kami berupaya memberikan hak dasar masyarakat seperti infrastruktur dan penerangan listrik yang pada tahun ini menyisakan beberapa desa saja belum teraliri listrik,” ungkap Iskandar.

Selain itu menurut Iskandar, pemerintahannya terus membantu petani agar mampu panen lebih dari satu kali. Hasilnya, dalam tiga tahun terakhir produksi padi Kabupaten OKI meningkat secara signifikan hingga 851 ribu ton. Bahkan di tahun 2017 mampu surplus beras sebanyak 442,855 ton.

Selain membangun infrastruktur lanjut Iskandar, kualitas kehidupan manusia di Ogan Komering Ilir juga semakin baik, terbukti dengan meningkatnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten OKI, yang sudah masuk dalam kategori tinggi, yaitu pada angka 66,11 di tahun 2017.

Baca Juga :   20 KK Pemilik Rumah Tak Layak Huni Dapat Bantuan

Meski demikian menurut Iskandar, pemerintah akan terus memastikan anak-anak Ogan Komering Ilir dapat bersekolah tanpa kendala.

“Kita fokus pada perbaikan gedung-gedung sekolah, peningkatan kualitas dan mutu pendidikan, peningkatan kompetensi dan pemerataan tenaga pendidik. Bahkan saat ini angka melek huruf masyarakat OKI sudah diangka 98,09 persen dan harapan lama sekolah telah mencapai 7 tahun,” katanya.

Pada kesempatan itu Iskandar juga melaporkan upaya pemerintahannya dalam melindungi hutan dan lahan dengan menurunnya area kebakaran hutan kebun dan lahan di Ogan Komering Ilir jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Bahkan hingga pada perhelatan Asian Games 2018, OKI tidak mengirim kabut asap ke Jakabaring Palembang.

Iskandar juga mengajak bersyukur, OKI menjadi daerah yang berhasil melaksanakan Pilkada serentak 2018 dengan aman dan damai dengan tingkat partisipasi mencapai 78 persen.

“Dengan keberhasilan kita melaksanakan Pilkada dengan aman dan damai, saya optimis Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden secara serentak di tahun 2019 akan berlangsung dengan aman, damai, dan demokratis,” tutupnya.

Baca Juga :   Pembangunan Balai Desa, 3 Bulan Hanya Ada Batu & Pasir

Peringatan Hari Ulang Tahun ke-73 Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) terasa istimewa karena dihadiri langsung Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru.

Dalam kesempatan itu, Gubernur mengapresiasi perkembangan kemajuan pembangunan di Ogan Komering Ilir.

“Tidak mudah membangun wilayah yang luas seperti OKI dengan pendapatan daerah yang minim. Butuh kepemimpinan yang handal. Semoga OKI semakin maju, semakin berkembang dan berprestasi” ungkap Gubernur Herman Deru diruang Rapat Paripurna DPRD OKI.

Deru juga berkomitmen untuk membantu daerah dalam pembangunan seperti perbaikan jalan-jalan provinsi yang melintasi kabupaten.

“Butuh kebersamaan dalam membangun. Provinsi, Kabupaten DPRD semua bergandengan. Salah satu prioritas saya melakukan perbaikan jalan-jalan provinsi yang ada di kabupaten untuk memudahkan masyarakat,” tungkasnya. (iso)

Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Herman Deru Jamin Kebutuhan Makan dan Tempat Tinggal Korban Kebakaran Desa Pemulutan

Ogan Ilir, KoranSN Dalam Safari Jumat yang dilakukan Gubernur Sumsel, H Herman Deru di Masjid …