Hutang Pemprov Sumsel Capai Rp 1,4 Triliun

Agus Sutikno.

Palembang, KoranSN

Total hutang Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel hingga saat ini mencapai Rp 1,4 triliun. Hutang itu mencakup hutang ke kabupaten/kota, rumah sakit maupun pihak ketiga.

Demikian diungkapkan Wakil Ketua Komisi III DPRD Sumsel Agus Sutikno, ditemui di gedung DPRD Sumsel, Senin (17/4/2017).

Untuk membayar sebagian hutang tersebut, kata Agus, sudah dianggarkan di APBD Sumsel tahun 2017 sebesar Rp 615 miliar. Namun lanjut Agus, angka ini merupakan angka anggaran, dimana realisasi uangnya masih menunggu penerimaan daerah.

“Kalau sekarang BPKAD sebagai pengatur lalu lintas keuangan, bayar kesana kemari, tapi kunci utamanya yang nyari duit. Yang nyari duitnya adalah Dinas Pendapatan Daerah, ini harus imbang, karena kalau yang ini giat yang ini gak, ya gak nyambung,” ujar Politisi PPP ini.

Baca Juga :   Idul Adha, Gubernur Kurbankan Sapi Limosin 1 Ton

Lebih lanjut menurut Agus, sebaiknya Pemprov menyelesaikan dahulu tunggakan-tunggakan tahun 2016 terhadap pihak ketiga. “Kalau kemudian kekurangan-kekurangan yang sebelumnya itu yang kita baru selesaikan sampai tahun 2015 untuk bagi hasil, tapi kalau untuk pinjaman-pinjaman proyek itu cuma 2016 aja, 2015 kan tidak ada hutang, intinya adalah menyelesaikan dulu tunggakan-tunggakan terhadap pihak ketiga di tahun 2017 untuk menyelesaikan yang tahun 2016,” bebernya.

Dikatakannya, realisasi anggaran Rp 615 miliar itu, sangat bergantung bagaimana SKPD atau perangkat daerah dalam memenuhi target tersebut. “Perangkat daerah ini yang menjadi penting, mau online, mobil keliling, silahkan tapi kenyataannya bagaimana duit itu masuk atau tidak,” pungkasnya. (awj)

Baca Juga :   Maret, Pendaftaran Seleksi Terbatas Sekda Sumsel Dibuka
Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Anton Wijaya

Avatar

Lihat Juga

94 Kepala Madrasah se-Sumsel Ikut Uji Kompetensi

Palembang, KoranSN Sebanyak 94 Kepala Madrasah se Sumatera Selatan mengikuti ujian Kompetensi Pemetaan Jabatan Kepala …