IDI Minta Warga Waspadai Penularan COVID-19 Lewat Udara





Ketua IDI Cabang Bandarlampung dr Aditya M Biomed.(foto-antara)

Bandarlampung, KoranSN

IDI Cabang Bandarlampung mengingatkan masyarakat agar disiplin menerapkan protokol kesehatan dan lebih waspada terhadap penyebaran virus corona yang saat ini tidak hanya dari droplet, namun juga melalui airbone atau udara.

Ketua IDI Cabang Bandarlampung dr Aditya M Biomed, Rabu (15/7/2020), mengatakan penularan COVID-19 melalui udara lebih berbahaya, sehingga masyarakat diminta lebih berhati-hati dan waspada.

“Saat ini penyebaran virus tidak hanya melalui droplet, namun juga bisa melalui udara, karena cairan yang dikeluarkan saat bersin atau batuk dapat berubah jadi partikel yang lebih kecil dan mudah menyebar di udara, sehingga dapat menempel dimana-mana,” paparnya.

Baca Juga :   Presiden Ajak Pamong Praja Kawal Cara Kerja Baru

Apalagi, lanjut dia, virus ini akan cepat menyebar di dalam ruangan yang sirkulasi udaranya tidak baik dan dapat bertahan selama delapan jam di udara. “Penularan melalui udara ini juga dapat menjangkau jarak lebih dari satu meter,” kata dia.

Meskipun begitu, Ketua IDI Cabang Bandarlampung tersebut, meminta masyarakat tidak panik dan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin, seperti memakai masker dengan benar, menjaga jarak lebih dari satu meter dan mencuci tangan dengan sabun di air mengalir.

Kemudian, kata dia, masyarakat juga harus berhati-hati dan sebisa mungkin menghindari aktivitas di kerumunan orang banyak yang asal muasalnya tidak diketahui.

Baca Juga :   Pasien COVID-19 Sembuh Bertambah 4.233 Jadi 418.188 Orang

“Pokoknya harus lebih waspada dalam melakukan kegiatan atau aktivitas seperti olahraga, ke pasar dan mal, karena banyak orang asing yang tidak kita kenal dan asalnya pun tidak diketahui dari mana,” ujarnya. (antara/awj)

Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Anggota DPR: Perlu Sepakatan Percepatan Tangani Sengketa Pemilu

Jakarta, KoranSN Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus mendorong KPU dan Bawaslu membuat kesepakatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.