Ikon Wisata Baru Kota Batu itu Adalah Pasar Induk Among Tani

Foto udara suasana Pasar Induk Among Tani di Batu, Jawa Timur, Rabu(20/12/2023).(Foto-Antara)

Kota Batu, Jawa Timur, KoranSN

Keberadaan pasar tradisional telah lama menjadi pusat perekonomian yang mempertemukan pedagang dan pembeli. Berkaca pada kurun waktu kurang lebih sepuluh tahun lalu, keberadaan pasar rakyat identik dengan kesan kotor dan kumuh.

Saat itu, pasar-pasar tradisional atau yang kini disebut pasar rakyat yang ada di Indonesia mulai bertransformasi untuk menanggalkan kesan kumuh dan kotor. Pemerintah memiliki program untuk membangun dan merevitalisasi 5.000 pasar rakyat di Indonesia pada periode 2015-2019.

Memang, jumlah tersebut tidak sebanding dengan jumlah keseluruhan pasar rakyat yang di Indonesia yang mencapai puluhan ribu. Namun, secara perlahan tiap-tiap daerah di Indonesia saat ini memberikan perhatian lebih pada keberadaan pasar rakyat.

Revitalisasi atau pembangunan pasar rakyat, memang bukan merupakan pekerjaan yang mudah. Ribuan pedagang yang ada dalam satu pasar, harus dicarikan tempat penampungan sementara agar tetap mampu berusaha.

Salah satu pasar yang bertransformasi bagai kepompong menjadi seekor kupu-kupu cantik adalah Pasar Induk Among Tani yang ada di Kota Batu, Jawa Timur. Pasar yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada akhir 2023 itu, disebut-sebut sebagai pasar terbesar di Indonesia.

Baca Juga :   Festival Penyu Mampie Dapat Bangkitkan Pariwisata di Polewali Mandar

Pasar Induk Among Tani Kota Batu yang dibangun dengan pendanaan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) mencapai Rp166 miliar itu sudah mulai beroperasi pada 2 Oktober 2023 dan memutar roda perekonomian setempat. HALAMAN SELANJUTNYA>>



Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Sabang Promosi Potensi Wisata Lewat Tour De Sabang 2024

Banda Aceh, KoranSN Lintas sektor di Provinsi Aceh bekerja sama menggelar Tour De Sabang (TDS) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!