Indeks Kepercayaan Industri di Januari 2024 Menguat ke Level 52,35









Tangkapan layar Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan dan Akses Industri Internasional (KPAII) Kemenperin Eko SA Cahyanto dalam rilis IKI Januari 2024, di Jakarta, Rabu (31/1/2024). (Foto-Antara)

Jakarta, KoranSN

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) merilis Indeks Kepercayaan Industri (IKI) pada Januari 2024 mencapai 52,35 atau menguat 1,03 poin dibandingkan capaian pada Desember 2023 yang sebesar 51,32.

“Dibandingkan kinerja IKI pada Januari 2023, ada peningkatan sebesar 0,81 poin yang sebesar 51,54,” kata Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan dan Akses Industri Internasional (KPAII) Kemenperin Eko SA Cahyanto dalam rilis IKI, di Jakarta, Rabu (31/1/2024).

Eko menjelaskan dari 23 subsektor yang diukur, sebanyak 17 subsektor mengalami ekspansi dengan share Pendapatan Domestik Bruto (PDB) 90,8 persen. Sementara itu, sebanyak 6 subsektor mengalami kontraksi dengan share terhadap PDB sebesar 9,2 persen.

Keenam subsektor yang mengalami kontraksi, di antaranya industri peralatan listrik, industri kayu, industri komputer, barang dan elektronik, industri tekstil, industri pengolahan lainnya serta industri pencetakan.

Lebih lanjut, peningkatan IKI pada Januari 2024 bersumber dari Variabel Pesanan Baru, Produksi dan Persediaan Produk yang mengalami ekspansi sebesar berturut-turut 52,17; 53,63; dan 50,80.

Baca Juga :   Subholding Gas Pertamina dan Gunvor Kerjasama Bisnis LNG Global

Eko mengungkapkan ekspansi melambat pada variabel Pesanan Baru, karena penurunan pesanan domestik dan luar negeri. Di variabel Produksi, ekspansi melambat karena turunnya pesanan khususnya pesanan luar negeri, masih banyaknya persediaan produk, ketersediaan bahan baku dan faktor musiman. HALAMAN SELANJUTNYA>>











Publisher : Apriandi

Lihat Juga

39 Unit SPKLU PLN di Sepanjang Tol Trans Sumatra Siaga Layani Pemudik, Ini Titik Lokasinya

Lampung Selatan, KoranSN PT PLN (Persero) menyiagakan 1.299 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!