India Akan Bantu Pemulihan Ekonomi Sri Lanka



Warga mengantre untuk membeli gas rumah tangga pada sebuah distributor di Kolombo, Sri Lanka, pada Rabu (1/6/2022). (Foto-Antara/Reuters)

Kolombo, KoranSN

Seorang diplomat tinggi India melakukan diskusi dengan presiden dan perdana menteri Sri Lanka dan pada Kamis (23/6/2022), saat India memberikan sinyal akan keinginannya untuk melebihi pinjaman, pertukaran dan bantuan sebesar 4 miliar dolar yang telah diberikan kepada negara tetangganya itu.

Sri Lanka tengah menghadapi krisis ekonomi terburuk dalam tujuh dekade terakhir, dengan kekurangan devisa yang parah dan menghambat impor komoditas-komoditas penting, termasuk makanan, bensin, dan obat-obatan.

Baca Juga :   Pakistan Akan Kirim Angkasawan Pertama ke Ruang Angkasa Pada 2022

Negara kepulauan di ujung selatan India itu membutuhkan sekitar 5 miliar dolar dalam enam bulan ke depan untuk memenuhi kebutuhan dasar bagi 22 juta penduduknya, yang telah berjuang dengan antrian panjang untuk barang-barang pokok, kekurangan yang memburuk dan pemadaman listrik.

Menteri Luar Negeri India Vinay Kwatra, didampingi oleh pejabat India lainnya, mengadakan pembicaraan dengan Presiden Gotabaya Rajapaksa dan Perdana Menteri Ranil Wickremesinghe untuk memberikan bantuan keuangan lebih lanjut ke negara itu, kata kantor presiden dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga :   Citra Satelit Tunjukkan Korut Siap Luncurkan Rudal Kapal Selam

“Menteri Luar Negeri India Vinay Kwatra telah mengatakan bahwa Pemerintah India akan memberikan dukungan penuh kepada Sri Lanka dalam mengatasi situasi sulit saat ini sebagai teman dekat,” demikian pernyataan tersebut. HALAMAN SELANJUTNYA>>







Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Jokowi Jadi Pemimpin Asia Pertama yang Mengunjungi Ukraina

Jakarta, KoranSN Presiden Indonesia Joko Widodo menjadi pemimpin pertama dari kawasan Asia yang mengunjungi Ukraina …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.