Indikator Politik Indonesia: Elektabilitas Ratu Dewa Perkasa





Ratu Dewa (kiri). Grafik Survei Indikator Politik Indonesia. (kanan). (Foto-Istimewa)

Palembang, KoranSN

Setelah lembaga survei Lembaga Kajian Publik Independen (LKPI) merelease hasil survei terbarunya beberapa hari lalu yang menempatkan dukungan (elektabilitas) Ratu Dewa bertenger di urutan teratas. Kali ini, Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia juga menemukan temuan survei yang sama.

Indikator Politik Indonesia yang tergabung dalam Perkumpulan Survei Opini Publik Indonesia (PERSEPI) mendapatkan kuatnya elektabilitas Ratu Dewa dibandingkan dengan calon-calon walikota Palembang yang sudah bersosialisasi dan diprediksi maju pada Pilkada 27 November 2024.

Selain itu, jarak atau gap elektabilitas Ratu Dewa dengan calon walikota lainnya cukup jauh dan secara statistik unggul signifikan. Salah satu faktor kuat alasan pemilih menjatuhkan pilihannya pada Ratu Dewa adalah sosok/figur Ratu Dewa yang perhatian pada rakyat, sudah ada bukti hasil kerjanya dan cepat tanggap dalam menghadapi keluhan warga.

Baca Juga :   Wagub Ajak Kepala Daerah Berangus Praktik Pungli

Pada pertanyaan terbuka (top of mind) atau tanpa menyebutkan nama calon walikota, elektabilitas Ratu Dewa (38,9 %), Fitrianti Agustinda (9,5 %), Yudha Pratomo Mahyudin (1,6 %), Akbar Alfaro (1,4 %). Sementara nama calon lainnya (M Hidayat, Rasyid Rajasa, Charma Afrianto, Firmansyah Hadi, Prima Salam, Mgs Syaiful Fadli, Zainal Abidin, Sutami) elektabilitasnya berada di bawah satu persen. Massa yang belum menentukan pilihan 43,4 %.

Selanjutnya, pada pertanyaan semi terbuka (dengan menyodorkan 20 nama calon walikota) dan responden boleh menjawab di luar nama calon walikota, elektabilitas Ratu Dewa semakin melambung. Secara berurutan, Ratu Dewa (51,9 %), Fitrianti Agustinda (18,1 %), Akbar Alfaro (2,6 %), Yudha Pratomo Mahyudin (2,2 %). Sedangkan nama calon lainnya (Charma Afrianto, M Hidayat, Firmansyah Hadi, Prima Salam, Basyaruddin Akhmad, Sutami Ismail, Mgs Syaiful Fadli, Rasyid Rajasa, Zainal Abidin, Hernoe Roespridjadji dan nama calon lainnya) elektabilitasnya berada di bawah dua persen. Untuk massa yang belum menentukan pilihan sudah cukup kecil (14,8 %). HALAMAN SELANJUTNYA>>

Baca Juga :   Kemenag Sumsel Gelar Ujian Dinas dan UPKP







Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Bugar Wijiseno Maju Pilkada Banjarnegara

Banjarnegara, KoranSN Munculnya putra dari politisi senior PDI-P Banjarnegara Sri Ruwiyati DPRD Jateng dari Fraksi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!