Indonesia Dinilai Berpeluang Besar Jadi Eksportir Jagung





Pekerja mengeringkan jagung yang baru dipipil di Desa Balongga, Sigi, Sulawesi Tengah, Senin (6/9/2021). (Foto-Antara)

Jakarta, KoranSN

Indonesia dinilai memiliki peluang cukup besar untuk menjadi produsen sekaligus eksportir jagung dunia dengan produksi yang terjaga dan kecukupan pemenuhan untuk kebutuhan dalam negeri.

Chief Sustainability Officer PT. Seger Agro Nusantara Widyantoko Sumarlin dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (23/9/2022), mengatakan saat ini serapan jagung di dalam negeri sudah mengalami titik jenuh yaitu gudang-gudang pabrik pakan sudah penuh atau terjadi penurunan kuantitas penjualan pakan yang jatuh secara nasional.

Baca Juga :   Kepala BI Sumsel Himbau Masyarakat Belanja "Bijak"

Dia mengatakan pabrik-pabrik pakan sudah tidak ada pembelian jagung kepada petani karena stok yang melimpah. Menurut Widyantoko, jika terjadi kecenderungan penurunan harga terus-menerus di sumber wilayah jagung akan berdampak buruk terhadap petani. Oleh karena itu dia menilai peluang ekspor terbuka lebar saat stok jagung melimpah.

“Kami sebagai penghubung mata rantai produsen antara petani dengan pabrik pakan ternak. Karena itu, bargaining position sama, hanya milik petani, kami sebagai price taker. Karena itu, kami memperhatikan harga di petani karena berharap tidak terjadi pergerakan harga yang menyebabkan petani tidak ada minat untuk menanam jagung,” kata dia. HALAMAN SELANJUTNYA>>

Baca Juga :   Eksotika Bromo Masuk Top 30 Event Wonderful Indonesia 2019





Publisher : Apriandi

Lihat Juga

PLN Sabet Penghargaan The Best SOE

Badug, KoranSN PT PLN (Persero) memperoleh penghargaan sebagai The Best SOE in Digital Service Transformation …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!