Indonesia Serukan Solidaritas Global Akses Vaksin COVID-19 di PBB



Menteri Luar Negeri Retno Marsudi berbicara dalam sebuah sesi di puncak rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-10 Developing Eight (D-8) secara virtual dari Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (8/4/2021). (Foto-Antara)

Jakarta, KoranSN

Indonesia kembali menyerukan pentingnya solidaritas global untuk memastikan akses vaksin COVID-19 yang berkeadilan dan merata, dalam Pertemuan Khusus para Menteri Dewan Ekonomi dan Sosial (ECOSOC) Perserikatan Bangsa-Bangsa bertema “Vaccine for All” yang dilaksanakan secara virtual pada Jumat (16/4/2021) malam.

Mewakili Indonesia dalam pertemuan tersebut, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menegaskan bahwa solidaritas global harus diperkuat untuk mendukung kesetaraan akses terhadap vaksin melalui peningkatan produksi, intensifikasi kerja sama transfer teknologi termasuk melalui perjanjian lisensi yang terbuka dan transparan, penghapusan restriksi ekspor, serta mengakhiri segala bentuk politisasi vaksin.

Baca Juga :   Ditemui Prabowo-Sandiaga, Aa Gym: Bismillah Saya Pilih 02

“Virus ini adalah ujian bagi solidaritas kita. Banyak resolusi dan deklarasi telah dikeluarkan. Inilah saatnya bagi kita untuk mewujudkan kata-kata kita ke dalam aksi nyata,” kata Menlu Retno, seperti disampaikan melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (17/4/2021).

Dalam pertemuan yang dipimpin Presiden ECOSOC dan dihadiri 48 negara yang mendukung akses vaksin berkeadilan dan merata, Retno menyampaikan bahwa Fasilitas COVAX yang diinisiasi Aliansi Vaksin GAVI dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menjangkau pasokan vaksin bagi lebih dari 100 negara di enam benua di dunia. HALAMAN SELANJUTNYA>>

Baca Juga :   Gempa Besar 7,0 SR Guncang Lombok

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

MUI: Masyarakat Harus Tetap Waspada dan Patuhi Protokol Kesehatan

Jakarta, KoranSN Wakil Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (Wasekjen MUI), Dr KH Amirsyah Tambunan mengingatkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.