Indonesia Urutan ke 79 Dunia Penghasil Migas

Suasana seminar hulu Migas dan pembukaan media kompetisi 2017 di BW Suite Hotel, Belitung. (foto-siryanto/koransn.com)

Belitung, KoranSN

Negara Indonesia yang masuk negara penghasil Migas dunia ternyata berdasarkan data SKK Migas, masuk urutan ke 79 dari negara penghasil Migas dunia.

Hal ini terungkap saat pertemuan Media Gathering, Seminar Hulu Migas dan Pembukaan Media Kompetisi 2017, Rabu (30/8/2017) di BW Suite Hotel, Belitung.

Dengan demikian Negara dengan berpenduduk lebih dari 2 juta jiwa tersebut terpaksa harus mengimpor minyak dari negara Arab Saudi dan terpaksa pemerintah harus mengeluarkan alokasi APBN untuk itu.

Kabag Urusan Humas SKK Migas, Dian Sulistiawan menjelaskan, krisis energi menjadi tantangan di negeri ini. Hal ini dilihat dari cadangan Migas saat ini.

“Untuk minyak saja cadangan kita sekitar 3,6 milyar barel atau 0,2% cadangan di dunia 1,698 milyar barel,” ungkapnya.

“Kebutuhan kita sekitar 1,6 juta barel perharinya, sedangkan produksi dalam negeri hanya sekitar 884 ribu barel perharinya,” terangnya.

Data SKK Migas tahun ini dari perencanaan 134 sumur yang di eksplorasi, namun baru terealisasi 32 sumur atau sekitar 24 persen yang terekaplorasi.

Baca Juga :   Ratusan Napi di Lapas Kelas IIA Tanjung Raja OI Dapat Remisi

Hal lain yang menyebabkan ancaman krisis energi yakni, pertumbuhan kendaraan yang begitu tinggi. “Selain kendaran masih banyak industri yang menggunakan bahan bakar minyak,” ujarnya.

Sementara, penyebab kurang baiknya iklim investasi industri Migas di Indonesia, menurut Dian, yakni masalah pajak yang kurang bersahabat terhadap investasi industri Migas, regulasi soal Migas yang masih berpolemik dengan revisi UU Migas yang belum tuntas. (sir)



Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Dandim 0404 Kunker ke PALI Disambut Wabup Soemarjono

PALI, KoranSN Bupati PALI, Dr. Ir. H. Heri Amalindo, MM melalui Wakil Bupati PALI, Drs. …

error: Content is protected !!