Indralaya Utara Gelar MAD

Tampak suasana musyawarah MAD di Balai Kecamatan. (foto-herman/koransn.com)

Indralaya, KoranSN

Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir (OI) menggelar Musyawarah Antar Desa (MAD) dan sosialisasi program Inovasi Desa, di Balai Kecamatan setempat, Senin (23/10/2017).

Acara dibuka langsung oleh Camat Indralaya Utara, Jamhuri dan dihadiri oleh Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) dan Tenaga Ahli (TA) dari kabupaten, serta jajaran pemerintahan di Kecamatan Indralaya Utara. Para peserta adalah Kepala Desa dan enam orang unsur tokoh masyarakat, pemuda dan ibu-ibu PKK.

Tenaga Ahli (TA) Syahrul Noviadi dalam acara tersebut menjelaskan, Inovasi Desa adalah program baru yang beriringan dengan program dana desa.

Baca Juga :   Banjir 'Langganan' Kembali Melanda Bingin Rupit

“Inovasi Desa terdiri dari dalam cakupan desa tersebut diantaranya inovasi pertanian, inovasi peternakan, inovasi usaha kelompok dan inovasi desa wisata” ujarnya.

Sedangkan untuk sumber dana, lanjutnya, Kecamatan Indralaya Utara termasuk kategori wilayah sulit yang dananya berkisar sekitar Rp.67.800.000., dana tersebut untuk Operasional sebagai suport sistem yang fungsinya memberikan peningkatan sistem di desa.

Jadi untuk kedepan, sambungnya, desa harus siap berinovasi baik di bidang kewirausahaan, bidang Pemberdayaan desa, olahraga dan bidang infrastruktur pertanian dan peternakan serta pariwisata.

Ditingkat Kecamatan, masih Kata syahrul, akan dibentuk Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) yang berjumlah tujuh orang masing-masing perwakilan dari desa dalam kecamatan tersebut.

Baca Juga :   Program Bedah Rumah Upaya Menekan Angka Kemiskinan di Muba

“TPID tidak mendapatkan insentif atau honor tetapi hanya mendapat uang transport dan dana operasionalnya akan turin dalam tiga tahapan yaitu 30%.30% dan terakhir 40%,” paparnya. (man)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Owner Produk Olahan di OKUS Terima Dana Pembinaan

Muaradua, KoranSN Pemerintah Daerah OKU Selatan hadir memberikan dorongan semangat, sekaligus dana pembinaan terhadap kreativitas …