Ingat! Belok Kiri Harus Ikuti APILL

AKP Rio Artha Luwih. (foto-ist)

Sekayu, KoranSN

Polres Musi Banyuasin (Muba) melalui Satuan Lalu Lintas terus mensosialisasikan aturan berlalu lintas kepada masyarakat termasuk tidak boleh belok kiri di persimpangan jalan, kecuali ada rambu-rambu yang mengatur, seperti himbauan jalan terus dan sebagainya.

Kapolres Muba AKBP Rahmat Hakim melalui Kasat Lantas, AKP Rio Artha Luwih, Senin (29/1/2018) menjelaskan bahwa masih banyak pengendara baik roda dua atau roda empat belum mengetahui peraturan tersebut.

Untuk itu, Rio Artha mengimbau masyarakat, khususnya di Muba agar belok kiri harus mengikuti APILL (Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas) atau lampu merah. Jika lampu merah menyala maka pengendara tidak boleh langsung belok kiri, jika lampu hijau boleh melintas.

Baca Juga :   Pasar Prabumulih Tetap Buka

Hal itu sudah diatur dalam Undang-Undang (UU) nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Raya, pasal 112 ayat 3 berbunyi, pada persimpangan jalan yang dilengkapi APILL, pengemudi kendaraan dilarang langsung berbelok kiri, kecuali ditentukan lain oleh rambu lalu lintas atau alat pemberi isyarat lalu lintas.

“Ada juga beberapa persimpangan yang menginformasikan pengendara boleh belok kiri langsung. Ada rambu bertuliskan ‘belok kiri jalan terus’. Jika ada rambu itu, pengendara yang ingin belok kiri dipersilakan untuk langsung belok kiri dengan hati-hati,” terang Rio. (tri)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Seminggu Dirawat di Rumah Sakit, Pasien Corona di Pagaralam Meningal Dunia

Pagaralam, KoranSN Setelah dilakukan isolasi dan perawatan sekitar satu minggu di Rumah Sakit Daerah (RSD) …