Ingat! Buang Sampah Sembarangan Didenda Hingga Rp 50 Juta

Kebiasaan – Sampah menumpuk dan berbau busuk bertebaran menghiasi ruas jalan di kawasan 7 Ulu di samping Jembatan Ampera, Kamis (21/12/2017). (foto-ferdinand/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang akan menindak tegas masyarakat yang masih membuang sampah sembarangan dengan ancaman pidana dan denda hingga Rp 50 juta. Denda ini akan diberlakukan mulai Januari tahun 2018 mendatang.

Walikota Palembang, H Harnojoyo mengatakan, pihaknya akan menerapkan secara tegas Peraturan daerah (Perda) nomor 3 tahun 2015 tentang pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis lainnya. Dimana pelanggar Perda tersebut diancam dengan pidana kurungan paling lama enam bulan atau pidana denda paling banyak Rp 50 juta.

“Sebenarnya kita sudah menerapkan hal tersebut sejak lama. Namun, Januari 2018 nanti akan kita tindak tegas masyarakat yang kedapatan masih membuang sampah sembarangan,” ungkap Harnojoyo, Kamis (21/12/2017).

Sebelumnya, Kepala Dinas lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Palembang, Faizal AR mengatakan, guna mengurangi resiko membludaknya volume sampah di pemukiman penduduk. Pihaknya bersama jajaran Polresta Palembang, Satpol PP, Kodim serta Tagana sepakat membentuk Tim Terpadu Kebersihan.

Dimana, lanjut Faizal, Tim Terpadu Kebersihan ini terbagi dalam enam regu yang terdiri dari 15 petugas gabungan. Kemudian dari tim inilah yang bertugas untuk mengawasi setiap daerah di 18 kecamatan Kota Palembang.

“Apa yang kita lakukan ini semata untuk mengajak masyarakat peduli akan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Dimana, permasalahan sampah ini adalah kewajiban kita semua dalam menciptakan lingkungan yang sehat dan bersih yang akhirnya berdampak baik bagi kehidupan dilingkungan masyarakat itu sendiri,” terangnya.

Baca Juga :   Pelantikan Finda Tunggu Keputusan Mendagri

Untuk itu, dirinya berharap dengan adanya tim Terpadu Kebersihan ini mudah-mudahan tidak ada lagi yang membuang sampah sembarangan.

“Keinginan Pemkot untuk menjaga kota Palembang selalu bersih harus didukung penuh oleh masyarakat, tanpa masyarakat yang peduli hal ini tak akan berhasil,” pungkasnya. (rgn)



Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Kemenkumham Sumsel Kampanyekan Pembangunan Zona Integritas

Palembang, KoranSN Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Sumsel, Rahmi Widhiyanti yang mewakili Kakanwil Kemenkumham Sumsel …

error: Content is protected !!