Ini Rekomendasi Dokter Mata Agar Terhindar dari Ablasio Retina



Ilustrasi – Pemeriksaan mata di RSUD Tamansari, Jakarta, Selasa (30/4/2024).(Foto-Antara)

Jakarta, KoranSN

Dokter spesialis mata konsultan RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo Dr. dr. Gitalisa Andayani, Sp.M (K) memberikan beberapa rekomendasi kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan matanya agar terhindar dari kondisi ablasio retina.

“Jika kita tindak dengan cepat ablasio retina, hasilnya akan baik, jadi penglihatan kita akan kembali sebaik mungkin. Tentunya kalau penanganan yang kita lakukan tepat ya,” kata Dr. dr. Gitalisa Andayani, Sp.M (K) dalam diskusi daring di Jakarta, Selasa.

Baca Juga :   Satgas: 45 Siswa MAN Pekalongan Positif COVID-19

Gita menjelaskan ablasio retina adalah kondisi berbahaya di mana retina yang berada di bagian belakang mata terlepas dari posisinya. Hal ini menyebabkan penderita kesulitan untuk melihat suatu objek secara jelas.

Dalam kasus yang sering ditemukan di RSCM, kebanyakan pasien datang dalam kondisi ablasionya telah meluas dan terlambat mendapatkan penanganan. Padahal kondisi tersebut dapat memberikan dampak panjang berupa penglihatan terganggu, retina tidak fleksibel, menjadi kaku dan sulit untuk ditempelkan kembali meski telah melakukan operasi. HALAMAN SELANJUTNYA>>

Baca Juga :   Jumlah Kasus COVID-19 di Bangka Barat Kembali Meningkat







Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Kemenkes Terbitkan SE Wajib Vaksinasi Meningitis Bagi Jamaah Umrah

Jakarta, KoranSN Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor HK.02.02/A/3717/2024 tentang Pelaksanaan Vaksinasi Meningitis …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

    error: Content is protected !!