Ini yang Terjadi pada Tubuh Jika Menahan Buang Air Kecil

suka-menahan-kencingSaat dalam perjalanan dengan mobil, tak jarang orang berusaha menahan buang air kecil. Salah satu faktor adalah karena tidak nyaman dengan kondisi toilet.

Anda pun berpikir untuk menunggu hingga pemberhentian berikutnya demi mendapatkan toilet dengan kondisi yang lebih layak. Namun rupanya hal ini sangat tidak dianjurkan. Terlebih jika jaraknya terlalu jauh dan Anda harus menahan buang kecil cukup lama.

Seperti dilansir laman Huffington Post, menahan buang air kecil sangat tidak baik bagi kesehatan. Jika hal ini dilakukan terus-menerus akan berdampak negatif dalam jangka panjang. Misalnya, retensi urine atau ketidakmampuan untuk mengosongkan kandung kemih sepenuhnya dan peningkatan risiko infeksi.

Baca Juga :   Liverpool Tanpa Firmino Lawan Barcelona

Pada orang dewasa, kandung kemih umumnya mampu menyimpan hingga dua cangkir penuh urine, sebelum otak memberi isyarat bahwa tubuh perlu mengeluarkannya. Namun ketika urine melebihi kapasitas, cylindrical sphincters kandung kemih menutup rapat untuk mencegah urine keluar.

Akibatnya hal ini bisa melemahkan otot-otot kandung kemih dan pada akhirnya mengakibatkan retensi urine seiring bertambahnya usia. Selain itu, kandung kemih juga bisa menjadi tempat berkembang biak bakteri jika terus-menerus menahan urine dalam jumlah besar. (Viva.co.id)

Publisher : Anton Wijaya

Avatar

Lihat Juga

Dokter Paru: Pasien Sembuh COVID-19 Berisiko Alami Fibrosis

Jakarta, KoranSN – Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) menduga pasien COVID-19 yang telah sembuh dari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.