Ishak Mekki: Lemang Lahat Bisa Jadi Icon Sumsel



Ishak Mekki bersama warga saat menikmati Lemang yang merupakan makanan khas Kabupaten Lahat. (foto-ist)

Lahat, KoranSN

Siapa yang tak tahu Lemang, makanan khas Kabupaten Lahat yang terbuat dari ketan dan dimasak dengan bambu? Mereka yang pernah berkunjung ke Lahat pasti mengenal panganan yang banyak dijual di pinggiran Kota Lahat dan telah menjadi icon daerah ini.

Saat berkunjung ke Lahat dalam rangka sosialisasi, Calon Gubernur (Cagub) Sumsel, Ishak Mekki menyempatkan diri singgah di salah satu desa di Kecamatan Pulaupinang, Desa Tanjungsirih. Di pinggiran desa tersebut, Ishak Mekki yang berpasangan dengan Cawagub, Yudha Mahyuddin ini singgah di Warung Lemang milik Joni, salah seorang warga.

Selain warung Joni, ada juga warung-warung serupa milik warga setempat lainnya. Sambil menceritakan berbagai program yang bakal dia wujudkan jika kelak diberi amanat menjadi Gubernur Sumsel, Ishak Mekki tertarik untuk mengembangkan kuliner khas Lahat ini tak sebatas menjadi kuliner Kabupaten Lahat semata, melainkan menjadi icon kuliner Sumsel.

Baca Juga :   Pj Gubernur Agus Fatoni Dukung Pelestarian Tanaman Gaharu Sebagai Ikon Baru Sumsel

Untuk menjadikan kuliner ini menjadi berkembang, kata Ishak Mekki, tentu saja perlu suntikan dana bagi pengusahanya.

“Untuk itulah salah satu sasaran bantuan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang bakal saya gulirkan adalah bagi pedagang kecil kuliner seperti Pak Joni ini,” kata Ishak Mekki yang dalam Pilgub Juni 2018 ini berpasangan dengan Yudha Mahyuddin.

Ishak Mekki menjelaskan, tak hanya pedagang kuliner semata yang mendapat bantuan pinjaman yang besarnya Rp 10 juta/pengusaha UMKM, namun UMKM seperti pedagang kelontongan, penjahit, pedagang sayur, kue, dan sebagainya juga akan disasar program bantuan ini.

Kepada para pedagang Lemang tersebut, Ishak Mekki berharap dukungan, kiranya di Pilgub 27 Juni 2918 nanti mereka memilih pasangan dengan nomor urut 3, Ishak-Yudha.

“Yakinlah jika saya terpilih, pasti saya kembali lagi ke sini untuk mendata para pengusaha kecil seperti usaha lemang ini untuk dibantu,” kata Ishak Mekki.

Baca Juga :   Bupati Non Aktif Yan Anton Ferdian Divonis 6 Tahun Penjara, Terdakwa Lain 4 Tahun Penjara (Kasus OTT Banyuasin)

Apa yang diungkap oleh Ishak Mekki ini diyakini oleh Joni. Oleh karenanya, dia dan pedagang lemang lainnya sangat berharap manakala pasangan Ishak-Yudha terpilih, apa yang menjadi program mereka seperti bantuan untuk UMKM ini betul-betul terwujud.

“Kami yakin terhadap apa yang dikemukakan oleh Pak Ishak ini, sebab baru kali ini ada pemimpin seperti Pak Ishak ini mau singgah ke tempat kami, berdialog dan mendengar apa yang menjadi kesulitan warganya,” kata Joni.

Menurutnya, dia dan pedagang Lemang lainnya, sudah menggeluti usaha ini sejak puluhan tahun silam, namun tak ada peningkatan.

“Kelak, jika Pak Ishak -Yudha terpilih berimbas kepada kami, sebagai warga yang tercatat untuk menerima bantuan UMKM tersebut,” seloroh Joni. (den/rel)







Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Airlangga Hartarto Puji Kinerja Pertumbuhan Ekonomi Sumsel Tetap Solid dengan Inflasi Terjaga

Palembang, KoranSN Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Elen Setiadi SH MSE bersama Forum Koordinasi …

error: Content is protected !!