Jaksa Agung Optimalkan Peran Intelijen Cegah Kejahatan Laut

Jaksa Agung ST Burhanuddin (kiri) berbincang dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kanan) sebelum sidang kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta, Senin (11/12/2023). (Foto-Antara)

Jakarta, KoranSN

Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin mendorong optimalisasi peran intelijen kejaksaan di bidang kemaritiman dalam rangka mencegah dan melakukan penegakan hukum terhadap kejahatan yang terjadi di wilayah laut Indonesia.

“Peran Intelijen kejaksaan di bidang kemaritiman harus dioptimalkan keberadaannya dalam rangka menyelenggarakan intelijen penegakan hukum,” kata Burhanuddin dalam keterangannya yang diterima di Jakarta.

Baca Juga :   KPK Setor Rp669 Juta dari Terpidana Korupsi Proyek Jalan di Papua

Menurut Burhanuddin, Indonesia yang memiliki 17.500 pulau dengan garis pantai sepanjang 81.000 km, rawan terjadi tindak kejahatan.

“Lebih dari 70 persen kejahatan itu sebenarnya ada di wilayah laut, mulai dari kejahatan kemaritiman seperti illegal fishing, pembajakan sampai penyelundupan,” katanya.

Bahkan lanjut dia, beberapa sumber kejahatan di darat justru dari laut seperti kejahatan human trafficking (perdagangan orang), penyelundupan narkotika, penyelundupan BBM bersubsidi, impor barang bekas, dan lainnya.HALAMAN SELANJUTNYA>>



Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Polda Metro Jaya Jadwalkan Kembali Pemanggilan Terhadap Firli Bahuri

Jakarta, KoranSN Polda Metro Jaya menjadwalkan kembali pemanggilan terhadap mantan Ketua Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!