Jaksa Setor Rp 5,1 M Cash Hasil Pengusutan Kasus Korupsi







Jaksa setor uang dari hasil penyidikan kasus korupsi dan kejahatan lingkungan. (foto-net/detiknews.com)

Bengkalis, KoranSN

Kejaksaan Negeri (Kejari) Bengkalis menyetor uang tunai sebesar Rp 5,1 miliar ke negara. Duit sebanyak itu diperoleh dari pengembalian kerugian negara dari kasus korupsi dan kejahatan lingkungan hidup PT National Sago Prima.

Kepala Kejari Bengkalis, Heru Winoto didampingi Kepala Seksi Pidana Khusus, Agung Irawan langsung menyerahkan uang itu ke BRI Bengkalis. Uang tersebut akan disetor langsung ke kas daerah melalui Sekretaris Daerah Bengkalis, Bustami HY.

“Rencananya langsung diterima Sekretaris Daerah untuk disetorkan ke kas daerah,” kata Heru, kepada wartawan, Kamis (19/7/2018).

Heru merinci uang sebesar Rp 1.165.000.000 sebagai barang bukti dari perkara dengan terdakwa Mantan Bupati Bengkalis, Herlyan Saleh. Herlyan terbukti bersalah dalam kasus korupsi Dana Penyertaan Modal Pemkab Bengkalis kepada PT. Bumi Laksmana Jaya (BLJ) yang bersumber dari APBD tahun 2012.

Sedangkan selebihnya Rp 4 miliar dari terpidana Erwin dalam dua kasus pidana lingkungan hidup sebagaimana diatur dalam UU Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Baca Juga :   Dugaan Rencana Pembunuhan 4 Tokoh, Kivlan Zen: Saya Difitnah

Erwin dihukum bersalah sesuai putusan kasasi nomor 2303 K/Pid.Sus.LH/2015 tanggal 1 Agustus 2016.
“Jadi dari pidana lingkungan totalnya Rp 4 miliar. Sehingga total uang yang kita setorkan ke negara sebesar Rp 5,1 miliar,” ujar Heru. (detikcom)







Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Puncak Peringatan Hari Kekayaan Intelektual 2024, Kanwil Kemenkumham Sumsel Hadiri Forum Indikasi Geografis Nasional

Jakarta, KoranSN Mewakili Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Ika Ahyani Kurniawati …

error: Content is protected !!