Jalan Rusak di Pantai Timur Mulai Diperbaiki

M Hapis. (foto-dok/maniso/koransn.com)

Kayuagung, KoransnSN

Secara bertahap dan meski hanya perbaikan darurat sementara, kerusakan jalan poros menuju kawasan Pantai Timur Kabupaten OKI kini mulai diperbaiki Pemkab OKI. Titik yang sedang direhab yakni jalan di Desa Riding Kecamatan Pangkalan Lampam.

Perbaikan itu dilakukan setelah Bupati OKI H Iskandar SE meninjau langsung lokasi jalan pasca penyerahan SK Bupati tentang besaran alokasi dana desa (ADD), dana desa (DD), bagi hasil pajak retribusi daerah dan hasil lelang lebak lebung untuk desa serta kelurahan dalam kecamatan pada zona II di Kecamatan Tulung Selapan beberapa waktu lalu.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Ir HM Hapis MM kemarin menjelaskan, meski perbaikan jalan ini berupa penanganan darurat sementara, namun penanganan infrastruktur jalan akan terus berlanjut dan tidak hanya sebatas di wilayah tersebut.

Sebenarnya kata Hapis lagi, sejak 3 tahun lalu Pemkab OKI terus menggenjot pembangunan infrastruktur di wilayah pedesaan. Pembangunan ini bertujuan agar ketimpangan ekonomi dapat terpangkas sedikit demi sedikit, dan pembangunan dapat terasa di seluruh wilayah Bumi Bende Seguguk.

Ruas prioritas pembangunan jalan di tahun 2017 menurut Hapis, antara lain ruas Jalan Dabuk Rejo-Catur Tunggal-Cahya Mas sepanjang 36 km. Kerusakan yang terindikasi di jalan ini sepanjang 6 km, rencana penanganan di tahun 2017 sepanjang 5 km melalui pemeliharaan periodik.

Baca Juga :   Yamdakir: Semoga Makin Dicintai Rakyat

Kemudian jalan poros SP Padang-Pampangan 21.000 km, Pampangan-Lebung Batang 15,790 km, jalan Lebung Batang-Tulung Selapan 33 km. Titik kerusakan SP Padang- Pampangan 3 km, Pampangan- Lebung Batang 2,6 km, Lebung Batang-Selapan 9,4 km.

Rencana penanganan SP Padang-Pampangan aspal 2 km, Pampangan-Lebung Batang 2,5 km, serta Lebung Batang-Tulung Selapan 7 km. “Memang kita akui semuanya saat ini masih dalam proses tender, tetapi bisa dipastikan segera akan terlaksana pengerjaannya,”ujar Hapis.

Disamping itu lanjut Hapis, pihaknya melibatkan pihak perusahaan yang tergabung dalam Satuan Petugas (Satgas) penanggulangan kerusakan jalan di Kabupaten Ogan Komering Ilir. Satgas yang berisikan perusahaan-perusahaan perkebunan saat ini mulai bekerja bergotong-royong memperbaiki 8 zona jalan rusak secara bertahap.

“Perbaikan jalan rusak dimulai dari zona Kayuagung-Sepucuk tersebut merupakan respon dari pihak perusahaan atas instruksi dari Bupati OKI, H. Iskandar, SE agar pihak perusahaan dapat bergotong-royong memperbaiki kerusakan jalan di Kabupaten OKI,” tegas Hapis.

Disebutkan Hapis, ada 8 zona perbaikan dan perawatan kerusakan jalan yakni, zona Kayuagung-Sepucuk, zona Sumber Hidup–Talang Jaya, Talang Jaya–Sungai Menang, Cengal–Sungai Jeruju, Lebung Gajah–Ujung Tanjung, Talang Jaya-Cengal, Bumi Agung–Cahaya Tani  dan zona SP 1 Sumber Hidup–Kemang Indah.

Baca Juga :   Januari 2021 Pembelajaran Tatap Muka di Sekolah

“Untuk zona Kayuagung-Sepucuk, perbaikannya kita yang koordinir, korlapnya PT Waskita Karya, camat serta 8 perusahaan yang ada di sepanjang ruas jalan tersebut. Dalam perbaikan jalan Kayuagung–Sepucuk diperkirakan butuh 1.200 meter kubik batu split,”jelas Hapis.

Dilanjutkan Hapis, zona Sumber Hidup–Talang Jaya akan ditangani oleh 4 perusahaan, zona Talang Jaya–Sungai Menang ditangani 3 perusahaan. Kemudian zona Cengal–Sungai Jeruju diurus 3 perusahaan, zona Lebung Gajah–Ujung Tanjung diperbaiki oleh 3 perusahaan.

Seterusnya zona Talang Jaya–Cengal akan diperbaiki oleh PT Lonsum, zona Bumi Agung–Cahaya Tani diperbaiki oleh PT AEK Tarum dan PT Tania Selatan. Terakhir, untuk zona SP 1 Sumber Hidup–Kemang Indah akan diperbaiki oleh PT Wilmar dan PT BCP.

“Yang dilakukan ini merupakan respon pihak Pemkab terhadap kerusakan jalan di Kabupaten OKI,”tandas Hapis. (iso)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

HD Wujudkan Impian Petambak Udang Sungai Menang dengan Program Listrik Masuk Tambak

OKI, KoranSN Setelah sebelumnya melaunching listrik masuk sawah, Gubernur Sumsel H Herman Deru kembali meluncurkan …