Jalur One Way Radial Dikembalikan Seperti Semula

Jalur Jalan Radial telah kembali seperti semula pasca diterapkan sistem one way. (foto-reigan/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Penerapan sistem one way atau jalur satu arah di Jalan Radial semenjak satu pekan kebelakang, dianggap crawded alias seringkali terjadi penumpukan kendaraan. Untuk itu arus lalu lintas di kawasan tersebut sementara ini sudah dikembalikan seperti semula, yakni dengan menggunakan dua lajur.

Kepala Bidang Pengawasan, Pengendalian dan Operasional Dishub Kota Palembang, Marta Edison, Selasa (14/11/2017) mengatakan, dibukanya jalur menjadi seperti semula di Jalan Radial setelah dilakukan uji coba selama satu minggu. Untuk itu dari pengamatan pihaknya, jalur one way di sana dianggap tidak berhasil.

Selain itu, dikataka Marta, dikembalikannya jalur Jalan Radial seperti semula lantaran salah satunya permintaan dari para pengusaha di sana yang mengaku terjadi penurunan omzet setelah diberlakukannya one way.

“One way di Jalan Radial itu crowded sekali macetnya. Apalagi banyak pengusaha yang mengeluh, jadi untuk sementara kita kembalikan seperti semula. Setelah dibukanya jalur di sana, kita akan melakukan evaluasi mengenai solusi keseluruhan one way, sehingga tak terjadi lagi kemacetan imbas dari satu jalur tersebut. Nanti juga akan kita analisa dengan coba balik arah,” ungkapnya.

Baca Juga :   Bersihkan Begal Jelang Asian Games

Menurutnya, kendaraan dari arah Pasar 26 Ilir, Kedaung dan PIM bisa langsung masuk ke Jalan Radial. Dibukanya kembali jalur seperti biasa di sana membuat arus lalu lintas menjadi ramai lancar, berbeda dengan one way yang menyebabkan penumpukan.

“Meskipun jalur di Radial sudah dibuka, tetapi kendaraan roda dua dan empat akan kembali menemui jalur satu arah di Jalan Angkatan 45 dan POM IX, sementara kendaraan dari arah Radial yang hendak menuju Jalan Kapten A Rivai harus memutar di sampimg Palembang Icon mall,” jelasnya.

Sementara, Etty pengendara mobil yang melintas menuturkan, dirinya sangat menyetujui dibukanya kembali jalur one way tersebut. Lantaran dinilai menambah titik kemacetan.

Baca Juga :   Hari Ini Launching Pilgub Sumsel 2018

“Sangat setuju sekali kalau jalur di sini dibuka, karena memang daerah ini menjadi paling macet sejak diterapkannya one way,” ujar Etty.

Senada Rio, pengendara sepeda motor menambahkan, bahwa ia sangat setuju dengan adanya lajur satu arah. Namun dirinya juga meminta pada pihak terkait untuk melakukan kajian mendalam mengenai dampak diterapkannya one way agar tak menimbulkan titik kemacetan yang baru.

“Secara pribadi saya setuju sekali dengan adanya one way ini. Tapi harus diperhatikan juga jalur pembuangannya karena ditakutkan akan memindahkan titik kemacetan,” pungkasnya. (rgn)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

496 ASN dan Non ASN Pemkot Palembang Kantongi Id Card e- Money

Palembang, KoranSN Keseriusan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang dalam penerapan gerakan uang non tunai, bukan isapan …