Januari 2017, e-KTP Bisa Dilakukan di Kecamatan

llustrasi. (foto-net)
llustrasi. (foto-net)

Palembang, KoranSN

Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang menargetkan, di Januari 2017 mendatang, pencetakan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) sudah bisa dilakukan di setiap kecamatan yang ada di Kota Palembang. Ini berkaitan dengan telah diterimanya izin dari Dirjen Kependudukan Kemendagri terhadap pelaksanaan pencetakan tersebut.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Palembang, Ali Subri menjelaskan, pihaknya berani mengajukan pencetakan e-KTP di kecamatan tersebut, agar pelayanan ke masyarakat bisa lebih cepat dan maksimal. Mengingat perekaman data saat ini sudah semakin berkurang.

“Pengajuan kita sudah disetujui oleh pusat. Tapi dengan catatan, harus tersedia cukup pendanaan, jaringan dan alat yang memadai, serta petugas atau sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni dari Dukcapil. Kita targetkan Januari 2017 sudah bisa dilakukan di setiap kecamatan yang ada,” ungkapnya, saat diwawancarai diruangannya, kemarin.

Baca Juga :   Alex : LRT Siap Jadi Alternatif Perjalanan Wisata Baru

Ali mengungkapkan, pihaknya yakin semua syarat tersebut bisa terpenuhi. Sebab, saat ini persiapan di setiap kecamatan sudah dilakukan, khususnya ketersediaan jaringan komunikasi data yang tersambung online ke Dirjen Dukcapil Kemendagri.

“Tetapi, syarat agar pencetakan e-KTP hanya boleh dilakukan oleh petugas pelayanan Disdukcapil, ini masih cukup berat. Nah, untuk memenuhi itu, kita harus mengarahkan beberapa tenaga kecamatan agar mengikuti pelatihan menjadi petugas pelayanan e-KTP yang ditugaskan pada kecamatan bersangkutan,” terangnya.

Dia mengatakan, apabila terjadi perubahan data pada e-KTP, maka perubahannya tetap akan kembali dilakukan di kantor Dukcapil. Hal ini juga termasuk dalam catatan Kemendagri yang diterima pihaknya pertanggal 29 April 2016 tersebut. “Tentu akan kita patuhi aturan itu. Sebab, kita sudah dipercaya karena berhasil merekam data hampir 100%,” ujarnya.

Baca Juga :   Pengendara Keluhkan Jalan Boombaru Rusak dan Berlubang

Diketahui, perekaman e-KTP berdasarkan DKP 1 per Januari – Oktober, Palembang sudah merekam 99,5% dari 1.4 juta wajib e-KTP. Artinya tinggal tersisa 0,5% lagi yang mesti dipenuhi.

“Ini data tertinggi di Sumsel. Ini juga bukti koordinasi kecamatan dan kelurahan sudah sangat baik, sebab di hari minggu tetap buka layanan di lingkungan gotong royong. Jemput bola dilakukan, mulai dari mall, sekolah, hingga rumah dinas wako. Pegawai kita siap lembur, meski tidak ada uang ganti kerja,” tuturnya. (tya)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Decky Canser

Avatar

Lihat Juga

Wawako Fitrianti Agustinda Apresiasi Program GISA

Palembang, KoranSN Pemerintah Kota Palembang menyambut baik atas hadirnya yayasan Pondok kasih cabang Palembang terkait …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.