Jaringan IPA Dempo Tengah Mulai Dibangun

Hariyanto. (foto-dok/asnadi/koransn.com)

Pagaralam, koranSN

Pembangunan infrastruktur di Kota Pagaralam terus digeber menyangkut kesejahteraan masyarakat. Melalui suntikan dana APBN (Kementerian PU), guna memenuhi kebutuhan air bersih, Pemkot telah mulai membangun Intstalasi Pengolahan Air (IPA) di Kecamatan Dempo Tengah.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Hariadi Razak ST MM, melalui Kepala UPTD PAM, Hariyanto, pembangunan jaringan air bersih di Kecamatan Dempo Tengah sudah berjalan belum lama ini. “Titik mulai pengerjaan pipa distribusi tak jauh dari makam Puyang Serunting, kelurahan Pelang Kenidai,” ungkapnya, kemarin.

Sebelumnya dia juga menjelaskan, hasil kroscek lapangan, untuk pembangunan IPA di Dempo Tengah ini bersumber dari air baku di aliran sungai Lematang. Data rencana jaringan, seperti untuk pipa transmisi sepanjang sekitar 9,98 km dengan elevasi (ketinggian) antara intake dengan IPA sekitar 77 meter.

Baca Juga :   40 Wartawan Ikut Penyuluhan Bahasa

“Kapasitas pipa intake 18,61 liter/detik dengan pipa berdiameter 8 inch. Daerah layanan meliputi Pelang Kenidai, Padang Temu dan Karang Dalo,” katanya.

Beberapa waktu lalu juga, sebelum pengerjaan pipa transmisi yang mulai berjalan ini, seperti yang terlihat di kawasan Simpang Bacang, kelurahan Karang Dalo, sudah dilakukan Pertemuan Konsultasi Masyarakat (PKM) dengan pihak Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera VIII, Dirjen Sumber Daya Air, Kementerian PU bersama pihak konsultan. Turut dihadiri Camat Dempo Tengah, Kapolsek Dempo Tengah, perwakilan Koramil 13 Dempo Selatan dan lurah.

Pada pertemuan tersebut, pihak konsultan melakukan paparan mengenai Sistem Informasi Data (SID) penyediaan air baku di Kecamatan Dempo Tengah, termasuk rencana pembangunan IPA di Kecamatan Dempo Utara, yang jika tak ada halangan direalisasikan di 2018 mendatang.

Baca Juga :   Fraksi DPRD Muratara Setujui APBD-P Muratara Tahun 2019

“Kita harapkan, dengan adanya pembangunan IPA ini nantinya masyarakat tak lagi kesulitan mendapatkan air bersih. Seperti halnya dengan IPA di Kecamatan Dempo Selatan yang sudah dinikmati masyarakat sebagai pelanggan PAM,” katanya.

Sementara itu, Camat Dempo Tengah, Dra Rismawati sebelumnya mengatakan, dalam pembangunan ini, pihaknya meminta agar pemerintah juga memperhatikan dampaknya baik itu di sektor pertanian, dampak sosial dan ekonomi lainnya di masa akan datang. (asn)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Kadin-Buloq Lahat Pantau Suplai Bahan Pangan

Lahat, KoranSN Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Kabupaten Lahat Senin (25/1/2021) mengunjungi Kantor Bulog …