Jelang Idul Adha, Penjual Hewan Kurban Menjamur di PALI



Tampak salah seorang penjual hewan kurban di PALI. (foto-anasrul/koransn.com)

PALI, KoranSN

Menjelang hari raya Idul Adha, penjual hewan kurban menjamur di Kabupaten PALI. Mulai dari pintu masuk Kabupaten PALI sampai ke pelosok terlihat penjual hewan kurban dengan mendirikan tenda-tenda dipinggir jalan raya.

Akibat banyaknya penjual hewan qurban, para pedagang pun mengaku omzet mereka turun karena persaingan antar pedagang cukup ketat.

Seperti apa yang dituturkan Pasril (40), salahsatu pedagang hewan kurban yang membuka lapaknya di Desa Babat Kecamatan Penukal, dirinya mengeluh pendapatannya tahun ini jauh menurun.

“Biasanya tahun lalu dua minggu sebelum lebaran, kami bisa jual sekitar 40 ekor kambing, namun tahun ini baru 15 ekor. Walaupun terlihat sudah ramai pembeli, namun dibanding tahun lalu masih jauh menurun,” keluh Pasril, Minggu (20/8/2017).

Padahal diakuinya, masalah harga kambing maupun sapi tahun ini tidak mengalami kenaikan.

“Cobalah lihat sepanjang jalan arah masuk kabupaten ini, mulai dari Teluk Lubuk, Pendopo dan Tanah Abang, pedagang hewan kurban bertambah banyak. Itulah penyebab berkurangnya omzet kami, padahal kalau harga tidak naik, dimana kambing paling besar kami jual sekitar Rp 3 jutaan dan yang kecil sekitar Rp 2,5 juta. Kalau sapi untuk kurban, harus pesan terlebih dahulu,yang harganya dikisaran Rp 10-15 jutaan untuk sapi lokal,” urainya.

Baca Juga :   Seluruh Lintas Sektor Harus Tangani Gizi Kronis

Sementara itu, Zahari salahsatu pembeli hewan kurban asal Desa Air Itam Kecamatan Penukal mengatakan, banyaknya pedagang hewan kurban membantu dirinya untuk memilih.

“Harganya bersaing, kami cari kambing paling murah, yang besar dan tentunya kami cari penjual hewan kurban yang dekat dengan rumah kami,agar biaya angkutan bisa lebih ringan,” ucapnya. (ans)



Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Bupati Panca Janjikan Umroh Untuk Dewan Hakim dan Juara MTQ

Indralaya,KoranSN Untuk memberikan penghargaan dan motivasi terhadap Dewan hakim dan pemenang peserta MTQ XXX tingkat …

error: Content is protected !!