Jelang Pilkada Kesbangpol Sumsel Pantau Kegiatan Ormas



Kepala Kesbangpol Sumsel, Richard Cahyadi. (foto-reigan/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sumsel, Richard Cahyadi, Minggu (28/1/2018) mengatakan, pihaknya akan memantau kegiatan Organisasi Masyarakat (Ormas) menjelang Pilkada serentak di beberapa daerah di Sumatera Selatan (Sumsel) pada bulan Juni tahun 2018.

Dikatakan Richard, pihaknya juga akan selalu memantau kegiatan Ormas khususnya saat Pilkada baik itu melalui Media Sosial (Medsos) dan kegiatan-kegiatan Ormas lainnya, khususnya yang telah terdaftar di Sumsel.

“Kalau Ormas sudah melakukan black campaign itu dilarang dalam peraturan Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri). Untuk itu kita akan selalu memantau kegiatan Ormas dan organisasi lainnya agar tidak terlibat dalam mencoreng Pilkada serentak nanti,” ungkap Richard.

Menurut Richard, didalam Pilkada, Ormas tidak dilarang untuk melakukan kampanye dan mendukung salah satu kandidat. Namun, pihaknya menghimbau kepada Ormas yang ada di Sumsel untuk tidak melakukan suatu Pungutan Liar (Pungli) saat kampanye kepada pihak-pihak tertentu dan khususnya tidak melakukan black campaign saat Pilkada berlangsung.

“Kalau untuk kampanye dan mendukung salah satu kandidat itu sah-sah saja. Tetapi untuk melakukan Pungli kepada siapa pun tidak boleh. Kalau ada pihak yang tidak terima bisa melaporkan kepada kami,” jelasnya.

Baca Juga :   Seniman Muda Minta Restu Walikota Palembang

Saat ini, lanjut Richard, jumlah Ormas yang ada di Sumsel tidak terlalu banyak tumbuh. Pasalnya, untuk mendirikan Ormas, pemerintah sudah memperketat peraturan dan prosedur untuk mendirikan Ormas.

“Peraturan Kemendagri No 1 tahun 2017 tentang pembentukan Ormas itu tidak mudah lagi, karena harus didaftakan dulu ke pusat. Setelah itu kembali ke sini. Prosedurnya juga tidak segampang dulu lantaran untuk mendaftarkan ke pusat ada aturan-aturan khusus,” tandasnya. (rgn)







Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Ratusan Pegawai Kemenkumham Sumsel Ikuti Jalan Santai di Jakabaring Sport City

Palembang, KoranSN Dalam upaya menjaga kesehatan tubuh seluruh pegawai, Kanwil Kemenkumham Sumsel menggelar kegiatan olahraga …

    error: Content is protected !!